Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

PWNU Jatim Luncurkan Program Ekonomi di Resepsi Hari Santri 2020 Malam Ini

Friday, October 23, 2020 | 18:23 WIB Last Updated 2020-10-23T11:23:17Z

 



SURABAYA (DutaJatim.com) -- Besarnya tantangan ekonomi yang dihadapi warga NU khususnya saat dilanda resesi global akibat pandemi covid19, PWNU Jawa Timur meluncurkan paket program ekonomi.


Program ini diharapkan langsung menyentuh dan menggerakkan roda perekonomian warga, melalui simpul kepengurusan NU di tingkat kabupaten, kecamatan dan desa maupun melalui komunitas pesantren, sekolah Ma'arif dan segmen komunitas di akar rumput jamaah NU. 


Peluncuran dilakukan pada Jumat malam ini, 23 Oktober 2020 di perhelatan Resepsi Hari Santri 2020 PWNU Jawa Timur. 


"Di satu sisi kami menawarkan peluang usaha yang praktis langsung diaplikasi, di sisi lain kami membangun kapasitas SDM demi membangun interkoneksitas potensi di lingkungan NU," cetus H Misbahul Munir, General Manager Koordinatorat Bidang Pengembangan Ekonomi Ummat PWNU Jawa Timur. 


Misbah menambahkan,  untuk tujuan tersebut, selama enam bulan terakhir pihaknya melakukan penelusuran kerjasama dengan berbagai pihak. Malam ini akan ditandatangani empat paket kerjasama ekonomi, di antaranya dengan Bank Indonesia, Produsen Ice Cream, Ekportir umbi porang serta pengembangan bisnis aiaran dakwah TV9 nusantara. 


Selain itu, akan diluncurkan jaringan Kios Warnu atau Warung Warga NU dan Aplikasi Muslim NUKU. 


Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Wakil Rois Syuriyah KH Anwar Iskandar dan perwakilan 45 PCNU se Jawa Timur serta sejumlah undangan lainnya dijadwalkan hadir. 


Selengkapnya, berikut enam program ekonomi yang akan ditandatangani dan diluncurkan:


1. Kerjasama Pemberdayaan Ekonomi Warga dan Pengembangan SDM dengan Bank Indonesia. Kerjasama strategis mengembangkan, membangun dan menyiapkan Sumberdaya Manusia (SDM) Santri dan Warga NU untuk siap bersaing dan unggul di tengah kompetisi global dan putaran arus  ekonomi digital, memanfaatkan peluang keuangan dan bisnis syariah serta halal industry. 


Kerjasama ini ditandatangani GM Koordinatorat Pengembangam Ekonomi Ummat PWNU Jawa Timur, dengan Difi Ahmad Johansyah, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur. 


2. Kerjasama Outlet UMKM bersama ICE CREAM JOYDAY, Produsen Ice cream sehat, bergizi halal, murah, idola para santri. Bersama PWNU Jawa Timur, JOYDAY ikut memberdayakan UKM dengan kemitraan distribusi produk Joyday untuk kalangan santri/pelajar di outlet sekolah, madrasah dan pondok pesantren. 


Target sampai akhir tahun 2020 diperkirakan sebanyak 1.260 titik outlet dengan omset per bulan diperkirakan mencapai 630.000.000.


Kerjasama ini ditandatangani GM Koordinatorat Pengembangam Ekonomi Ummat PWNU Jawa Timur, H. Misbahul Munir dengan JOYDAY, Aulia Qadri Saputra.


3. Kerjasama Budiaya Tanaman Porang untuk Ekspor. Partnership Budidaya Tanaman Porang bagi Warga NU di Wilayah Jawa Timur dengan CV. JIA LI, Pasuruan. Target lahan tanam sampai Tahun 2022 seluas 500 Hektar.  Hal ini ditandatangani GM Koordinatorat Pengembangam Ekonomi Ummat PWNU Jawa Timur, H. Misbahul Munir dengan Direktur PT JIA LI,  Amir Djoewito. 


4. Kerjasama Siaran Dakwah TV9 Nusantara dengan PT Link Net Tbk. Partnership penyiaran konten TV9 Nusantara sebagai televisi dakwah milik PWNU Jawa Timur di kanal siar line up channel Firstmedia untuk segmen pasar masyarakat kota dan kelas menengah. 
Hal ini ditandatangani Dirut TV9 Nusantara, Hakim Jayli dengan Board of Management PT LINK NET Tbk, Agus Setiono dan Agung Satyawiguna.


5. Launching Jaringan Retail  Warung Warga NU (WARNU). Pembentukan jaringan ritel dan distribusi produk/layanan jasa melalui Warung Warga NU (WARN), di bawah binaan PUSAT KOPERASI SYIRKAH MUAWANAH (KOPSIM) PWNU Jatim. Hingga Desember 2020 Warnu ditargetkan terbentuk: 2500 ritel WARNU, dan diharapkan mencapai 10.000 di akhir tahun 2021.


Program ini diluncurkan Ketua PWNU Jawa Timur diberikan kepada Ketua PUSKOPSIM NU Jatim, Arifin.


6. Peluncuran Aplikasi MUSLIM NUKU. Sebuah Aplikasi Islami dan Halal Open Market Place. Konten Islami: Al Qur’an, panduan ibadah, doa, hadits, jadwal shalat, Arah Kiblat, dll. Target: 2021, 1 juta downloader.  Diluncurkan Ketua PWNU Jawa Timur diberikan kepada Direktur Muslim NUKU Muhammad Ghozali.


Launching program Ekonomi akan dihelat dalam pagelaran seni bertajuk Resepsi Hari Santri 2020 menghadirkan KH Zawawi Imron, Wayang Wolak-walik, Wafiq Azizah & Emirates Band serta penyanyi melenial Alfina Nindiyani. Resepsi ini akan disiarkan langsung TV9 Nusantara dan berlangsung di Auditorium PWNU Jatim dengan new performance setelah direnovasi. 


Di event yang akan dimulai pukul 20.00 WIB malam ini juga akan diresmikan keberadaan Kiai Health Center (KHC), pusat layanan kesehatan yang didedikasikan untuk para Kiai, masyayikh pesantren dan pimpinan NU. Pusat kesehatan ini digagas bersama beberapa elemen kesehatan dan mitigasi bencana di lingkungan PWNU Jawa Timur: Lembaga Kesehatan (LKNU),  Asosiasi Rumah Sakit (ARSINU), Perhimpunan Dokter (PDNU), Lembaga Penanganan Bencana (LPBI NU) serta Muslimat Healthcare Network (MHN). (rn)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update