-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Irjen M. Fadil Imran Jabat Kapolda Metro Jaya, Irjen Nico Afinta Jabat Kapolda Jatim

Monday, November 16, 2020 | 6:20 PM WIB Last Updated 2020-11-16T11:20:16Z

 

Irjen M. Fadil Imran  Jabat Kapolda Metro Jaya


JAKARTA (DutaJatim.com)  - Kapolri Jenderal Idham Azis menunjuk Irjen Fadil Imran, yang saat ini menjabat Kapolda Jawa Timur (Jatim), untuk menjabat Kapolda Metro Jaya menggantikan Irjen Nana Sudjana. Irjen Nana dicopot dari jabatan Kapolda Metro Jaya karena dinilai tak melaksanakan penegakan protokol kesehatan COVID-19. 

"Sesuai dengan telegram Kapolri Nomor ST/3222/XI/Kep/2020 tanggal 16 November 2020 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di lingkungan Polri, yaitu Irjen Pol Nana Sudjana, Kapolda Metro Jaya diangkat jabatan baru sebagai Korsahli Kapolri. Kemudian Irjen Muhammad Fadil Imran, Kapolda Jawa Timur, diangkat jabatan baru sebagai Kapolda Metro Jaya," kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jaksel. Senin (16/11/2020) siang tadi.

Dalam kesempatan itu Argo juga menjelaskan pengganti Irjen Rudy Sufahriadi dalam jabatan Kapolda Jawa Barat (Jabar). Irjen Rudy akan digantikan Irjen Ahmad Dofiri, yang saat ini menjabat Asisten Kapolri bidang Logistik (Aslog).

"Kedua, Irjen Rudi Sufahradi, Kapolda Jawa Barat, diangkat dalam jabatan baru sebagai Widyaiswara Tingkat I Lemdiklat Polri. Kemudian penggantinya, Irjen Ahmad Dofiri, sebagai Kapolda Jawa Barat," tutur Argo.

Polri mengumumkan keputusan pencopotan dua kapolda yang dinilai gagal menegakkan protokol kesehatan COVID-19. Kedua kapolda adalah Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana dan Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi.

"Ada dua kapolda yang tidak melaksanakan perintah dalam menegakkan protokol kesehatan, maka diberikan sanksi berupa pencopotan," kata Argo.  Dia kemudian menyebut Kapolda Metro Jaya dan Kapoda Jawa Barat.

Delapan Kapolda


Dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/3222/XI/Kep/2020, tertuang rotasi jabatan kapolda lainnya.
Surat telegram itu terbit 16 November 2020. Perihal surat itu tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Polri.

Berikut daftar pergantian kapolda menurut Surat Telegram Kapolri Nomor ST/3222/XI/Kep/2020 yang ditandatangani Asisten Kapolri bidang SDM Irjen Sutrisno Yudi Hermawan:


1. Kapolda Bali Irjen Petrus Golose dimutasi sebagai Pati Bareskrim dalam rangka persiapan penugasan luar struktur. Posisinya digantikan Irjen Putu Jayan Danu Putra yang saat ini menjabat sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

2. Kapolda Maluku Irjen Baharudin Djafar dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri. Posisinya digantikan Irjen Refdi Andri yang saat ini menjabat sebagai Koorsahli Kapolri.

3. Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana dimutasi menjadi Koorsahli Kapolri. Posisinya digantikan Irjen Mohammad Fadil Imran yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Jawa Timur (Jatim).

4. Kapolda Jatim Irjen Mohammad Fadil Imran dimutasi menjadi Kapolda Metro Jaya. Posisinya digantikan Irjen Nico Afinta yang kini menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel).


5. Kapolda Kalsel Irjen Nico Afinta dimutasi menjadi Kapolda Jatim. Posisinya digantikan Irjen Rikwanto yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Maluku Utara (Malut).

6. Kapolda Malut Irjen Rikwanto dirotasi menjadi Kapolda Kalsel. Posisinya digantikan Irjen Risyapudin Nursin yang saat ini menjabat sebagai Kakorbinmas Baharkam Polri.

7. Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi dimutasi menjadi Widyaiswara Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri. Posisinya digantikan Asisten Kapolri bidang Logistik (Aslog), Irjen Ahmad Dofiri.

8. Kapolda Jambi Irjen Firman Shantyabudi dimutasi sebagai Aslog Kapolri. Posisinya digantikan Irjen Albertus Rachmad Wibowo yang saat ini menjabat Widyaiswara Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri.

Sementara itu dalam surat telegram juga tertuang mutasi jabatan utama di tingkat Mabes Polri yakni Kepala Divisi Propam. Posisi ini sempat kosong pasca meninggalnya Irjen Ignatius Sigit Widiatmono pada 30 Oktober lalu.

Idham Azis mempromosikan Brigjen Ferdy Sambo untuk mengisi job bintang dua ini. Untuk diketahui Ferdy saat ini menjabat Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri. (det/hud)




×
Berita Terbaru Update