-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Awas, Banyak Penipu di Medsos Catut Nama Baim Wong

Monday, December 14, 2020 | 10:18 AM WIB Last Updated 2020-12-14T03:18:48Z

JAKARTA (DutaJatim.com) - Hati-hati bila mencari rezeki di media sosial. Sebab, sudah terlalu banyak penipu bergentayangan mencari mangsa para netizen yang mudah keblinger oleh bujuk rayu rezeki instan. Misalnya rezeki dari bagi-bagi hadiah atau undian. Hati-hati bila ada penawaran hadiah atau undian---bahkan investasi bodong--yang banyak dimasukkan di grup-grup Facebook dan medson lain. Salah satu acara bagi-bagi rezeki itu mencatut nama aktor Baim Wong. Tapi banyak pula yang menggunakan nama artis lain. 


Misalnya di grup Facebook ditampilkan video seakan Baim Wong dan istrinya bagi-bagi uang. Postingan ini banyak yang menghujat sebagai penipuan, tapi ternyata banyak pula yang percaya dan akhirnya terpedaya. 


Pelaku penipuan memang pintar. Dia sengaja memafaatkan Baim Wong yang memang dikenal kerap membagikan hadiah secara cuma-cuma lewat media sosial atau lewat salah satu acaranya alias give away. Banyak orang yang sudah menerima dan berbahagia atas hadiah yang diberikan Baim Wong.


Hadiah tersebut juga beragam, mulai dari uang tunai hingga benda-benda lainnya. Sayangnya hal itu yang coba dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. 


Mereka mengatasnamakan Baim Wong dan semacamnya kemudian meminta identitas bahkan uang yang disebutnya sebagai pajak hadiah kepada pemenang. Salah satu orang tersebut berhasil ditangkap polisi.


"Banyaknya penipuan atas nama saya. Ini salah satunya tertangkap. Mudah-mudahan jera ya," tulis Baim Wong seperti dilihat di akun Instagramnya Senin 14 Desember 2020.


Baim pun memberi peringatan kepada masyarakat yang tergiur give away atau mereka yang telah ada niatan untuk penipu memakai namanya. Untuk itu Baim memperingatkan kepada semua pihak untuk tetap waspada. Ia menekankan tidak pernah meminta apapun selain nomor rekening kepada pemenang give away-nya.


"Inget dosa atuh. Bingung juga karena saya sudah sering ingetin kalau saya GA PERNAH minta uang sepeserPUN bahkan sampai meminta no kartu atm kalian (kalau no rek iya..). Kalau memang kalian menang acara Indonesia Giveaway, atau jg acara lainnya. Jadilah bangsa yg cerdas , jangan mudah ketipu ya," tulis Baim.


Salah satu  penipu tersebut tertulis ditangkap di Jakarta Utara. Saat diinterogasi oleh petugas di tempat, pelaku menyadari kesalahannya dalam mencatut nama orang lain merupakan pelanggaran hukum.


"Takut pak," ujar pelaku.


Kolom komentar dibanjiri dengan warganet yang mengadu menemukan modus serupa di berbagai media sosial. Mereka kerap menemukan akun yang mengatasnamakan Baim Wong.


"Di FB banyak loh Fanpage mengatasnamakan baim wong . Ampe mereka share ke grup2. Dan masih banyak bgt yg percaya lagi," tulis warganet.


"Semalam baru aja, dpt whatsap penipuan Give Away, ngaku² dari Tim Baim Wong, minta Foto KTP & KARTU ATM," ujar warganet.


"Iya kak q kemaren pernah di dm di minta suruh kirim no rekening tp enggak q kasih," kata netizen. (vvn/nas)


×
Berita Terbaru Update