Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Hari Ini Menteri Baru Dilantik, Pemprov Jatim Tunggu Surat Pengunduran Diri Risma

Wednesday, December 23, 2020 | 06:16 WIB Last Updated 2020-12-22T23:16:39Z

 


SURABAYA (DutaJatim.com) - 
Pemprov Jatim menunggu surat pengunduran diri Walikota Surabaya Tri Rismaharini  setelah Presiden Joko Widodo menunjuknya sebagai Menteri Sosial di Kabinet Indonesia Maju, Selasa (22/12/2020).

Jempin Marbun Kabiro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Jatim mengatakan, surat pengunduran diri Risma itu akan jadi dasar penetapan Whisnu Sakti Buana sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Surabaya.

“Sekarang kami masih menunggu surat pengunduran diri itu. Baru nanti Bu Gubernur akan menujuk Plt,” kata Jempin dihubungi melalui telepon Selasa 22 Desember 2020.

Setelah menunjuk Whisnu Sakti Buana sebagai Plt Wali Kota Surabaya, Pemprov Jatim akan menunggu proses pemberhentian yang akan dibahas dalam rapat paripurna DPRD Kota Surabaya.

“Keputusan (pemberhentian) itu nanti akan diajukan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Ibu Gubernur untuk pemberhentian Bu Risma. Baru secara formal ada pelantikan Wali Kota Defintif,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya termasuk satu dari enam orang  Menteri baru di Kabinet Indonesia Maju. Jokowi mengumumkannya di Istana Negara kemarin

Jokowi sudah memutuskan untuk menugaskan Risma sebagai Menteri Sosial menggantikan Juliari P Batubara yang tersangkut dugaan kasus korupsi dana bantuan sosial Covid-19 dan telah menjadi tersangka KPK.

Tak hanya Risma, Jokowi juga mengumumkan lima nama calon menteri lainnya. Antara lain Sandiaga Uno yang menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) menggantikan Wishnutama Kusubandio.

Lalu ada Wahyu Sakti Trenggono menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo yang tertangkap tangan KPK atas dugaan kasus suap izin ekspor benih lobster.

Selain itu ada Yaqut Cholil Qoumas akan menjabat sebagai Menteri Agama. Mantan Wakil Bupati Rembang itu akan menggantikan Fachrul Razi Menag sebelumnya.

Selain itu ada Budi Gunadi Sadikin yang menjadi Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto. Lalu ada Muhammad Lutfi yang akan menjabat Menteri Pedagangan menggantikan Agus Supramanto.

Sekadar diketahui, Jokowi Presiden dalam pengumuman nama menteri baru itu juga menyebutkan, pelantikan enam menteri itu akan digelar Rabu (23/12/2020) hari ini. (ssn)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update