-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Menikmati Indah dan Segarnya Pantai Kelapa Tuban

Thursday, December 17, 2020 | 12:16 WIB Last Updated 2020-12-17T06:12:36Z
Panorama yang indah membuat Pantai Kelapa cocok untuk foto atau selfie. (kepengenwisata.blogspot.com)



TUBAN (DutaJatim.com) - Sejak setahun lalu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, memiliki destinasi wisata alam baru. Tuban selama ini dikenal sebagai kota santri yang memiliki sejumlah wisata religi. Tapi ternyata banyak juga wisata alam, termasuk keindahan pantainya. Salah satu wisata itu adalah Pantai Kelapa.


Hingga sekarang Pantai Kelapa banyak dikunjungi wisatawan domestik, yang menjadikan satu paket kunjungan dengan wisata religi ziarah Sunan Bonang di pusat Kota Tuban. Biasanya setelah ziarah ke makam Sunan Bonang, para wisatawan mampir ke Pantai Kelapa untuk bersantai. Makan-makan bersama keluarga di bawah naungan rindangnya dedaunan  pohon kelapa yang berjajar di sepanjang pantai.  Selain itu, bisa bermain air dan pasir.  


Pantai Kelapa atau dikenal juga dengan sebutan Pantai Panyuran ini rupanya penamaannya berdasarkan fakta daerah di wisata ini yang banyak dikelilingi oleh pohon kelapa. Untuk memudahkan para wisatawan dalam mengingat tempat wisata ini, maka penamannya pun disebut Pantai Kelapa.


Pantai yang berada di utara Jalan Daendels ini bisa ditemukan di Desa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Untuk menuju ke Pantai Kelapa Tuban, bisa mengambil rute dari pusat kota Tuban yang berjarak 5 km ke arah timur (Paciran Lamongan). Sedangkan, dari arah Semarang atau Rembang, bisa ikuti Jalan Pantura hingga melewati perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur hingga kamu sampai ke jalur paling utara provinsi Jawa Timur.


Untuk bisa menikmati keindahan pantai ini, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp 5.000 untuk parkir mobil serta bus Rp 10.000. Selain itu Rp 10 ribu per orang untuk pengganti masker. Sedang yang membawa kendaraan roda dua dikenakan biaya sebesar Rp 2.000.


4. Fasilitas


Destinasi wisata ini menawarkan juga berbagai fasilitas yang bisa dicoba nih, seperti flying fox, berkuda, panggung hiburan, tempat bermain anak,dan kolam renang.

Tak hanya itu, juga bisa mencicipi ragam kuliner yang telah disediakan di Pantai Kelapa ini, mulai dari makanan berat hingga minuman menyegarkan, seperti es degan.

Tak hanya wisata pantai, banyak orang yang datang untuk berkunjung pula ke area hutan bakau. Jika bosan dengan keramaian di sekitaran pantai, pengunjung  bisa singgah ke lingkungan asri hutan bakau.


Faktanya, tak hanya hutan bakau saja yang menjadi daya tarik dari Pantai Kelapa ini, di sekitar pantai pun terdapat pepohonan cemara yang rindang. Kamu bisa menikmati rindangnya pohon cemara saat siang hari. Oleh karena itu, sebagian wisatawan menyebutnya dengan Pantai Cemara Tuban. Tentunya, menyenangkan bisa menikmati pengalaman yang berbeda untuk menikmati keindahan Pantai Kelapa.


Kegiatan berkemah rupanya tidak hanya dilakukan di gunung saja. Hal ini dibuktikan objek wisata ini juga dikenal sebagai bumi perkemahan. Faktanya, setiap musim liburan, ada beberapa lembaga pendidikan dari wilayah sekitar Tuban, Lamongan dan Bojonegoro mengadakan kegiatan perkemahan di Pantai Kelapa Panyuran Tuban.


Adanya suntikan dana anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD), kini Pantai Kelapa diubah menjadi destinasi wisata berkembang pesat. Dengan dana tersebut telah berhasil mengubah wajah pantai yang dulunya kumuh, kini menjadi tertata rapi, bersih dan layak untuk dikunjungi sebagai tempat wisata. Fasilitas parkir nan luas, dan sedang tahap pembangunan seperti MCK serta penginapan.

Selamat berlibur di Pantai Kelapa Tuban. (det/nas) 


×
Berita Terbaru Update