-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Kawasan Payung Kota Batu Longsor, Arus Lalu Lintas Lumpuh 2 Jam

Monday, January 18, 2021 | 18:50 WIB Last Updated 2021-01-18T11:50:59Z

 


KOTA BATU (DutaJatim.com) - Kejadian tanah longsor kembali melanda Kota Batu. Tanah longsor terjadi di Jalan Brigjen Moh. Manan, kawasan wisata Payung pada Senin 18 Januari 2021 pukul 02.30 WIB. Secara administratif kawasan ini terletak di Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu.

Kasi Logistik dan Kedaruratan BPBD Kota Batu, Achmad Choirul Rochim mengatakan, longsor terjadi karena tingginya intensitas hujan yang terjadi pada Minggu kemarin (17/1/2021). Peristiwa longsor yang terjadi pada Senin dini hari itu disertai pula dengan pohon tumbang.

“Hujan deras merata di Kota Batu mengakibatkan tebing jenuh dan terjadi  longsor dengan dimensi panjang 5 m, lebar 3 m dan tinggi 7 m. Pohon dan rumpun bambu di tebing ikut terbawa longsor,” ujar Rochim, Senin (18/1/2021).

Ambrolnya tanah yang bercampur lumpur juga menutup sebagian jalan sehingga arus lalu lintas lumpuh selama 2 jam. Akses sempat ditutup sehingga jalur dari Batu ke Kecamatan Pujon dialihkan. Beberapa kendaraan juga memilih menunggu hingga proses evakuasi selesai. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Pembersihan material longsor selesai pada Senin pagi pukul 06.00 WIB. Sekitar dua jam arus lalu lintas terganggu di kawasan ini. Kendaraan bisa melintasi jalur kembali setelah material longsor dibersihkan. 

Musibah tanah longsor rawan terjadi saat memasuki musim penghujan. Sehingga masyarakat diimbau untuk lebih waspada ketika melewati kawasan dengan kemiringan tebing. Kawasan Payung masuk dalam kategori wilayah rawan longsor.

BPBD Kota Batu telah memetakan beberapa wilayah di Kota Batu dengan kerawanan tinggi potensi longsor. Kecamatan Bumiaji menjadi kawasan yang berpotensi tinggi rawan longsor karena topografinya berkontur miring. Titik-titik potensi longsor di Kecamatan Bumiaji berada di Sumber Brantas sisi timur laut, Tulungrejo, Gunungsari, Sumbergondo. 

Dalam sepekan terakhir, sejumlah bencana alam longsor terjadi di Kota Batu. Longsor selalu terjadi di Kota Batu setiap kali memasuki musim penghujan. Anggota DPRD Batu, Khamim Tohari turut memberikan kabar kondisi longsoran di kawasan Jl Brigjen Moh Manan. Khamim kebetulan lewat kawasan tersebut saat perjalanan pulang dari Mojokerto menuju Kota Batu.

“Alhamdulillah ada penanganan longsoran yang terjadi,” kata Khamim. (ndc)
×
Berita Terbaru Update