-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Warga Antusias Memakai Logo Harlah ke-95 NU

Monday, January 25, 2021 | 06:54 WIB Last Updated 2021-01-24T23:54:10Z


SURABAYA (DutaJatim.com) - Nahdlatul Ulama (NU) memperingati hari lahirnya yang ke-95 pada 31 Januari 2021. Untuk itu menyemarakkan peringatan Harlah NU itu telah diluncurkan logo Hari Lahir (Harlah) Ke-95 NU yang langsung disambut antusias oleh warga masyarakat. Warga juga menyelami makna filosofis yang terkandung di dalam logo itu. Mereka membahas sampai detail hingga menyoal makna warna dalam logo tersebut.


Bahkan di dunia maya, marganet beramai-ramai menjadikan logo tersebut sebagai foto profil berbagai platform media sosial. Aneka desain grafis yang diproduksi dengan sangat kreatif seketika memenuhi beranda medsos di dunia maya. Terlebih dengan berbagai platform software yang memudahkan warganet mengolah desain foto profil menggunakan gawainya, mereka saling berbagai tautan dan desain foto profil untuk merayakan Harlah NU versi Masehi yang akan diperingati pada 31 Januari 2021 mendatang. Mereka juga memakainya untuk produk seperti kaos, topi, kopyah, dan lain-lain. "Ini, sebuah logo, bisa menghidupkan UMKM," kata Arsul Sani, warga NU di Surabaya, Senin 25 Januari 2021. 


“Mari ramaikan Harlah NU di media sosial dengan desain-desain ini,” tulis salah satu warganet dari Pringsewu, Munawir sembari mengirimkan empat jenis dan model template foto profil yang bisa digunakan. Beberapa desain yang menurut warganet tidak sesuai dengan makna filosofis dari logo tersebut, juga menjadi perbincangan hangat. Pasalnya ada beberapa desain warna yang tidak menggunakan warna dari desain aslinya. 


Seperti diketahui dari Makna Filosofis Logo Harlah NU, terdapat dua warna dasar yang diambil yakni hijau dan warna emas. Mengutip NU Online, Dain Nur Rafita Ardani Rahmansyah yang merupakan desainer logo tersebut menjelaskan, warna emas yang ada menggambarkan makna kemuliaan, sementara hijau melambangkan kedamaian. Dalam desain tersebut juga terdapat dua bulatan yang menggabungkan angka sembilan dan lima di bagian tengah. Dua bulatan yang berbentuk seperti angka delapan ini dibuat dengan satu tarikan garis memiliki makna konsistensi atau keajegan.  


"Ini sesuai tema yang diusung yaitu konsistensi khidmah NU dalam menyebarkan Aswaja dan meneguhkan komitmen kebangsaan, serta konsistensi dalam membawa Islam yang Rahmatan lil alamin," jelasnya. 


Selain logo Harlah ke-95, bermunculan juga logo Harlah ke-98 untuk versi tahun hijriyah. Kehadiran kedua logo ini semakin menambah meriah suasana jelang harlah NU yang sebentar lagi akan genap memasuki umur satu abad (100 tahun). 


Ketua PBNU H Robikin Emhas dalam akun Facebook-nya menjelaskan bahwa NU didirikan tanggal 16 Rajab 1344 Hijriyah bertepatan dengan tanggal 31 Januari 1926. Untuk tahun ini, Harlah NU tanggal 16 Rajab 1442, bertepatan tanggal 28 Februari 2021.   "Rangkaian peringatannya dimulai tanggal 31 Januari 2021. Puncak harlah tanggal 16 Rajab 1442 (28 Februari 2021)," jelas Robikin. (nuo)


×
Berita Terbaru Update