Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Yuk, Ikut Webinar Panji Kelana di Eropa!

Tuesday, January 19, 2021 | 09:35 WIB Last Updated 2021-01-19T02:35:32Z


SIDOARJO (DutaJatim.com) - Komunitas Seni Budaya BrangWetan bekerjasama dengan Asosiasi Tradisi Lisan (ATL) Jawa Timur kembali menyelenggarakan seminar dalam jaringan (Webinar) bertajuk “Relevansi dan Aktualisasi Budaya Panji”. Kali ini sudah menginjak acara yang ke-7 (tujuh) kalinya dengan topik: “Kelana Panji di Eropa,” Kamis, 21 Januari 2021, pukul 14.00 – 16.00 WIB.

 

Narasumber webinar kali ini adalah: 


(1) Prof. Dr. Ing. Wardiman Djojonegoro (penggerak Budaya Panji, pengusul Naskah Panji sebagai MOW di Unesco); 


(2) Dr. Roger Tol (Mantan Direktur KILV Jakarta, Kepala Perpustakaan KITLV di Leiden, dan  Tim Nominator Panji ke MOW Unesco): 


(3) Dr Lydia Kieven: Arkeolog Peneliti Panji, tinggal di Koln, Jerman; dan (4) Agus Bima Prayitna (Klaten):  Seniman Wayang Jantur Panji, pernah pentas di Jerman dan Belanda. 


Sedangkan moderator adalah Henri Nurcahyo, yang juga ketua Komunitas Seni Budaya BrangWetan dan sekretaris ATL Jatim.


Webinar Budaya Panji ini merupakan acara rutin bulanan yang diselenggarakan sejak bulan Juli 2020, setiap hari Kamis ketiga, pukul 14.00 – 16.00 WIB.  Acara ini juga mendapatkan dukungan sepenuhnya dari Harian Surya dan Tribun Network, yang menyiarkan secara langsung (live) melalui saluran Youtube dan Facebook. 


Komunitas Seni Budaya BrangWetaN berdiri sejak 2 Oktober 2007, dengan kegiatan melakukan pelindungan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan potensi seni budaya Jawa Timur sebagai bagian dari Objek Pemajuan Kebudayaan. Tahun 2017 disahkan menjadi badan hukum dengan akte notaris sebagai Perkumpulan, dengan nama “Komunitas Seni Budaya Brangwetan.”


Komunitas Seni Budaya BrangWetan  (www.brangwetan.com) juga memiliki unit kegiatan Pusat Kebudayaan Panji (www.budayapanji.com), dan membuat Aplikasi: “Panji Culture” yang dapat diinstall di Google Play, berisi sejarah Panji di berbagai Candi di Jatim dan Jateng.


Seri Webinar ini dimaksudkan untuk menyebarkan publikasi kepada masyarakat luas mengenai berbagai aspek Panji, seperti sastra, pergelaran, ragam ceritera panji, dan pengarang Panji, dsb. 


Silakan bergabung via zoom dengan tautan: Time: Jan 21, 2021 02:00 PM Jakarta. Join Zoom Meeting. https://us02web.zoom.us/j/83940986342. Meeting ID: 839 4098 6342 (gas)


No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update