-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Alokasi Februari, Dinsos P3A Mulai Distribusikan Program BPNT

Tuesday, February 9, 2021 | 3:37 PM WIB Last Updated 2021-02-09T08:37:23Z

 


TUBAN (DutaJatim.com) - Pendistirbusian beras program  Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari Kemensos RI di bulan kedua alokasi tahun 2021 untuk 20 kecamatan di Kabupaten Tuban diselenggarakan serentak, Selasa (09/02/2021). 

Pendistribusian tersebut mendapatkan pengawasan dan pengecekan ketat dari  pihak Polsek, Koramil, Camat, Ketua Paguyuban Agen serta pendamping program atau Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) guna menjamin kualitas komoditi serta tepat sasaran sebelum nantinya diterima oleh KPM di tiap - tiap  Desa/Kelurahan termasuk di Kecamatan Kerek.

Murtaji selaku TKSK Kecamatan Kerek dalam kesempatan tersebut membeberkan, jika  komodoti yang telah ditetapkan Dinsos P3A KabupatenTuban, yakni Komodoti karbohidrat minimal 70 persen atau 15 Kg Beras Premium, Protein Hewani (Telor dan atau Daging Ayam) serta protein Nabati (Tahu dan atau Tempe), dengan sistem  Pre Order (PO). 

" Pola PO ini ditetapkan oleh Dinsos P3A Tuban atas keinginan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) agar bisa memilih keinginan dan kebutuhan mereka sendiri, yang tentunya tetap menggandeng penyedia jasa (Supplier), " terang Murtaji. 

Ia juga menjelaskan, jika untuk bulan kedua ini ada penambahan 499 KPM  dari usulan graduasi Program Keluarga Harapan (PKH), sehingga di Kecamatan Kerek terdapat  4.263 KPM penerima BPNT. 

" Ada penambahan 499 KPM dari usulan gradusasi PKH sehingga dari 3.764 KPM saat ini menjadi 4.263 KPM, " tandasnya. 

Sementara itu, Sonif Efendi Ketua Paguyuban Agen BPNT Kecamatan Kerek menyatakan bahwa pihaknya akan segera mendistribusikan BPNT tersebut ke- 16 agen yang tersebar di kecamatan sesuai jadwal dari Dinsos P3A Tuban. 

"Sebelumnya ada 18 agen, namun untuk bulan ini hanya ada 16 agen yang akan didroping BPNT, karena yang 2 agen masih belum dapat rekom dari Dinsos, sedangkan pendistibusian tanggal 10 Februari harus sudah selaesai karena sudah dijadwal serentak oleh Dinsos Kabupaten, " katanya. 

Ditanya soal ada atau tidaknya keluhan KPM terkait komoditi BPNT, pria asal Desa Margorejo itu mengaku jika hingga saat ini pihaknya belum menerima keluhan dari KPM terkait dengan komoditi BPNT yang telah disalurkan. 

" Belum, sampai saat ini belum ada keluhan terkait dengan komoditi yang telah diditribusikan," kata Sonif. 

Di tempat yang sama, Harun Prasetyo selaku supplier BPNT Kabupten Tuban berjanji akan terus berkomitmen untuk menyalurkan komoditi terbaiknya. 

"Sebagai supplier kami akan memberikan pelayanan dan menyuplai bahan baku sesuai dengan ketentuan selama ini," tegas Harun. 

Kembali Harun menegaskan, agar kualitas (beras) benar- benar terjaga, ia berharap kerjasama dari agen dan  KPM untuk melakukan pengecekan serta memastikan kelayakan beras sebelum diterima. 

"Kalau memang ada temuan atau kurang sesuai silakan ditukar, kami siap ambil ulang dan kami ganti dengan yang baru," tutupnya. (Hud)
×
Berita Terbaru Update