Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Jelang Hari Raya, Gubernur Khofifah dan Gus Ipul Kompak Cek Harga Sembako di Pasar Besar Pasuruan

Sunday, May 9, 2021 | 18:28 WIB Last Updated 2021-05-09T11:28:54Z

 



PASURUAN (DutaJatim.com) -
Menjelang Hari Raya Idul Fitri dan menghadapi lebaran Gubernur Jawa Timur Khofifah meninjau sejumlah pasar untuk memantau stabilitas harga dan mendengarkan keluhan dari pedagang pasar. 

Kali ini, bersama Walikota Pasuruan Saifullah Yusuf, Gubernur Khofifah kompak melakukan pemantauan dan peninjauan  pasar di Kota Pasuruan tepatnya  Pasar Besar Kota Pasuruan, Minggu (9/5/2021). 

Di Pasar Besar, Khofifah dan Gus Ipul sapaan akrab keduanya itu, langsung berkeliling dan berinteraksi dengan para pedagang. 

Ia mengatakan, sampai saat ini stok logistik dan sembako dalam posisi aman dan untuk harga relatif stabil kecui daging ayam  sedikit ada kenaikan meski tidak tinggi. Harga jenis bahan pokok seperti gula, beras, minyak, telur dan daging cenderung stabil. Berbeda dengan harga komoditi seperti daging ayam dalam dua hari ini  mengalami kenaikan tapi tidak terlalu tinggi. 

"Sejauh ini harga untuk daging relatif stabil, kecuali Daging Ayam yang mengalami sedikit kenaikan. Ini akan sangat membantu bagi ibu-ibu rumah tangga karena bahan pangan pokok tersedia  cukupnaman dengan harga yang stabil untuk Idul Fitri," ungkap orang nomor satu di Jatim itu. 

Gubernur Khofifah mengapresiasi Kota Pasuruan yang telah membuat aplikasi tentang kepastian harga yang dipajang di sudut pasar. Sehingga memudahkan masyarakat untuk memantau jumlah harga. 

"Kita bisa lihat ada runing text yang bisa memudahkan mengetahui berapa harga jika ingin membeli telur berapa. Lewat proses digitalisasi sistem, masyarakat bisa mendapatkan kepastian harga. Begitu juga kepada pedagang harus sesuai dengan harga yang di publish. Tidak bisa karena permintaan tinggi harga dinaikkan dan sebagainya," tegasnya. 

Sementara itu, trend perkembangan harga barang kebutuhan Pokok di Jatim sampai dengan bulan Mei 2021 menunjukan kondisi yang mengalami Fluktuasi. Berdasarkan data Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Barang Kebutuhan Pokok (Siskaperbapo) per 8 Mei 2021 Jatim yang diperoleh dari 116 Pasar Rakyat di seluruh Jatim, sejumlah komoditas di Bulan Mei yang mengalami penurunan harga antara lain untuk, Cabai Keriting Rata-Rata Jatim sebesar Rp. 36.402,-/kg (Turun 22,6 %), Cabai Merah Besar Rp. 37.401,-/kg ( Turun 22,77), Cabai Rawit Merah Rata-Rata Jawa Timur bulan Mei 2021 sebesar Rp. 46.463,-/kg ( Turun 19,6%). 

Sedangkan komoditas Telur ayam, Daging ayam dan daging sapi, Telur Ayam Rata-Rata Jawa Timur bulan Mei 2021 sebesar Rp. 21.901,-/kg ( Turun 3,8 % ), Daging Ayam Broiler Rata-Rata Jawa Timur bulan Mei 2021 sebesar Rp. 35.678,-/kg ( Turun 2,7 % ) dan Daging Sapi Rata-Rata Jawa Timur bulan Mei 2021 sebesar Rp. 110.504,-/kg ( Turun 0,85%). (gas)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update