-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Lebaran, Lagu-Lirik Yatim Piatu, & Hak-hak Anak Yatim

Sunday, May 2, 2021 | 12:51 WIB Last Updated 2021-05-02T06:00:38Z


SURABAYA (DutaJatim.com) - Setiap Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri kita semua tersentuh akan nasib anak yatim piatu. Tiada ayah, dan tiada bunda. Mereka hidup merana di dunia. Namun, Allah SWT maha kuasa, maha menghidupi semua makhluknya, termasuk anak-anak yatim piatu tersebut. Untuk itu, Allah SWT memerintahkan kita agar, tidak sekadar membantu sebab ini kewajiban kolektif kita, supaya anak-anak yatim itu bisa hdup bahagia, tumbuh berkembang hingga dewasa, untuk memenuhi kebutuhannya sendiri.

     

Karena itu, jangan ditunda, mari kita memenuhi kewajiban itu dengan menolong para anak yatim piatu agar selama Ramadhan dan Lebaran bisa tersenyum bahagia. Bahkan, setelah Lebaran terus hidup bahagia.  


Para ulama juga menganjurkan agar memuliakan anak yatim. Mengutip infakyatim.id, hak-hak anak yatim meliputi Diperlakukan dengan baik, Mendapatkan kecukupan makan dan kebutuhan, mendapatkan perlindungan, mendapatkan pendidikan, dan juga harta untuk hidupnya hingga dewasa.


Islam telah mengajarkan kita untuk memuliakan anak yatim, banyak sekali ayat-ayat Al-Qur’an yang memerintahkan kita untuk berlaku baik kepada mereka. Salah satu ayat yang memerintahkan kita untuk berlaku baik kepada mereka yaitu terdapat dalam surah (QS. Al Ma'un: 1-7). yang berbunyi "Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?

Maka itulah orang yang menghardik anak yatim, dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin. Maka celakalah orang yang shalat, yaitu orang-orang lalai dari shalatnya. Orang-orang yang berbuat riya’  dan enggan (menolong dengan) barang berguna.” (gas)



Lirik Lagu Yatim Piatu 


Karya Rhoma Irama


Yatim piatu, malang nasibmu

Semoga Tuhan selalu

Melimpahkan rahmat-Nya padamu

(Amin, Allahumma Amin)


Yatim piatu, besarkan hatimu

Di dalam mengarungi

Hidup yang penuh tantangan ini

(Amin, Allahumma Amin)


Wahai semua kawan

Atasmu kewajiban

Menyantuni mereka dan mengasihinya


Sungguh engkau manusia

Yang tiada beriman

Bila pada mereka tak belas kasihan


Wahai para hartawan

Coba ulurkan tangan

‘Tuk membantu mereka dalam kehidupan


Sungguh engkau manusia

Pendustakan agama

Apabila mereka engkau sia-sia


(kapanlagi.com)



×
Berita Terbaru Update