Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Peringati Harkitnas, Gubernur Khofifah: Jatim Harus Jadi Barometer Kebangkitan dari Pandemi

Thursday, May 20, 2021 | 19:46 WIB Last Updated 2021-05-20T12:46:16Z

 


SURABAYA (DutaJatim.com) - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yakin Jawa Timur mampu jauh lebih cepat bangkit dari pandemi Covid-19 dan menjadi barometer nasional. Keyakinan tersebut didasarkan pada fakta bahwa Jatim memiliki modal sosial, semangat gotong royong, persaudaraan dan semangat solidaritas yang kuat. 

“Saya sangat optimistis Jatim bisa bergerak lebih cepat saat fase pemulihan akibat pandemi Covid-19 ini,” ungkap Khofifah usai peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-113 di Gedung Negara Grahadi, Kota Surabaya, Kamis (20/5/2021). 

Khofifah mencontohkan, saat awal pandemi Covid-19, medio Juli lalu Jatim sempat menempati posisi puncak kasus Covid-19 tertinggi di Indonesia. Seluruh kabupaten/kota di Jatim merupakan zona merah. Bahkan Jatim sempat menjadi provinsi dengan jumlah kasus aktif terbanyak di Indonesia, melewati DKI Jakarta yang menjadi episentrum awal penularan. 

Namun, lanjut Khofifah, dalam kurun waktu kurang dari tiga bulan Jatim berhasil menekan laju penyebaran Covid-19 dan keluar dari zona merah. Kurva penambahan kasus baru di Jatim terus melandai. Jatim juga mencatatkan diri sebagai  provinsi dengan presentase kesembuhan sangat tinggi dibandingkan provinsi lain. 

“InsyaAllah, dalam hal capaian vaksinasi, Jatim juga menempati posisi teratas. Ini menjadi salah satu bukti, bahwa masyarakat Jatim ingin secepat mungkin keluar dari situasi ini,” tuturnya. 

Menurut Khofifah, jika pandemi ini dapat terkendali maka ekonomi rakyat pun akan dengan cepat pulih. Oleh karena itu, Khofifah meminta seluruh masyarakat Jatim untuk tetap berjuang melawan pandemi dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. 

“Pandemi memang belum berakhir, tapi kita tetap harus menjaga rasa optimisme atas segala ikhtiar yang kita lakukan bersama. Indonesia bukan bangsa bermental kerupuk, kita bangsa yang tangguh,” pungkas Khofifah. (gas)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update