Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Rambu Muslim Only Menuju Madinah Dihilangkan, Kota Suci Terbuka untuk NonMuslim?

Friday, May 14, 2021 | 05:10 WIB Last Updated 2021-05-13T22:10:24Z

 


MADINAH (DutaJatim.com)  - Selain Kota Makkah, kota suci di Arab Saudi adalah Madinah. Untuk itu  hanya umat muslim saja yang boleh memasuki kota suci ini. Hal itu ditandai sebuah peringatan dengan tanda di jalan tol menuju Madinah. Bunyinya 'Muslim Only'. Namun yang aneh, tanda itu sekarang tidak ada lagi di jalan tol tersebut.

Seperti dikutip dari Middle East Monitor, Selasa (11/5/2021), rambu Muslim Only tersebut tadinya berada di tol menuju ke Masjid Nabawi. Tanda itu terlihat mencolok. Kini suasana baru itu ramai di media sosial.

Para netizen membagikan foto tol tanpa 'Muslim Only' tersebut di media sosial dimana hanya ada satu rambu di jalan tol tersebut. Rambu itu bertuliskan 'Kawasan Haram' yang mengacu pada Haram (suci) Madinah atau situs suci.

Banyak warga Arab Saudi yang memuji perubahan ini. Kebijakan ini dinilai sebagai rasa toleransi kerajaan yang ultra-konservatif terhadap non-muslim yang ingin masuk ke situs suci.


Hal ini juga dikaitkan dengan promosi wisata Arab Saudi kepada dunia terkait kota yang sangat bersejarah bagi peradaban dunia itu. Pembukaan kota suci ini sesuai dengan program visi 2030 yang diprakarsai Putra Mahkota Mohammad Bin Salman al-Saud.

Putra Mahkota memang mengarahkan ekonomi berbasis minyak yang dimiliki Arab Saudi menuju industri alternatif, termasuk pariwisata dan teknologi.

Selain menjadi kota suci, Madinah juga mendapat status sebagai kota paling sehat di dunia menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Madinah juga diyakini sebagai kota pertama di dunia yang diakui sebagai kota paling sehat yang sesuai dengan standar WHO. Ada 22 organisasi pemerintah, komunitas, lembaga amal, hingga relawan di sana membantu mempersiapkan akreditasi WHO tersebut.

Madinah merupakan kota yang paling dirindukan bagi umat muslim. Madinah menjadi salah satu dari kota suci karena ada Masjid Nabawi yang didirikan langsung oleh Rasulullah Muhammad SAW.

Umat Muslim sangat dianjurkan untuk mengunjungi Masjid Nabawi. Sebagaimana diriwayatkan dari Abu Hurairah dalam hadits riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim. (det/wis)





No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update