Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Bantuan 20 Mesin Perajang Tembakau dan 20 Genset dari Dana DBHCT Diserahkan

Monday, September 6, 2021 | 16:48 WIB Last Updated 2021-09-06T09:48:45Z

 


PAMEKASAN (DutaJatim.com) -Program pemberian bantuan alat alat pertanian yang didanai dari DBHCHT, Senin (6/9/21) sudah mulai direalisasikan. Dua jenis alat pertanian yang diserahkan itu  antara lain mesin prajang tembakau dan genset.


 Penyerahan  dilakukan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pamekasan Ir Ajib Abdullah MT.
Alat alat pertanian itu diserahkan sebanyak  20 unit mesin  perajang tembakau dan 20 unit genset. Bantuan itu diserahkan kepada petani melaui 10 kelompok tani se Pamekasan.


 Penyerahan dilaksanakan di Balai Penyuluh Pertanian DKPP Desa Sumedangan Kecamatan Pademawu.
Achmad Suaidi Kabid Produksi saat mendampingi Kepala DKPP Pamekasan Ajib Abdullah mengatakan untuk sementara bantuan alat alat pertanian yang sudah bisa diserahkan berupa 20 genset  dan 20 pesin perajang tembakau. Alat alat itu termasuk alat pertanian yang mendesak dibutuhkan oleh petani. 


“Sementara yang pasti diserahkan karena mendesak karena petani sudah menunggu yakni berupa mesin rajang dengan  gensetnya masing masing sebanyak 20 unit. Sementara alat alat pertanian yang juga direncanakan dibantukan yang lain menyusul. Ini untuk kelompok tani yang betul betul membutuhkan alat ini, ada 10 kelompok tani se Pamekasan,” kata Suaidi. 


Alat alat pertanian lainnya yang juga dijanjikan akan segera diberikan pada petani diprogramkan segera menyusul  penyerahannya. Diantara alat alat pertanian tersebut berupa  widik tempat menjemur tembakau rajangan, handtractor, cultivator, lalu spreyer dan lainnya. 


Suaidi mengatakan dengan diserahkannya bantuan alat alat pertanian itu, diharapkan segera bisa membantu mempermudah dan meringankan beban atau biaya yang harus ditanggung petani saat panen tembakau.  


“Harapanya semakin mengurangi biaya pokok produksi dari petani yang biasanya menggunakan manual dirajang manual dengan penggunaan mesin rajang ini akan jauh lebih murah. Artinya menekan biaya pokok produksi dalam rangka pasca panen tembakau. Ini harapan Pemkab melalui dinas ketahanan pangan dan pertanian,” ungkapnya. 


Dia berharap agar alat alat pertanian itu dapatnya dimanfaatkan betul oleh petani yang membutuhkan alat ini. Dimanfaatkan secara maksimal untuk menekan biaya pokok produksi dan untuk meningkatkan kesejahteraannya. 


Ir Ajib Abdullah saat memberikan pengarahan dihadapan penerima bantuan mengatakan bantuan ini merupakan  bentuk kepedulian Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dalam  membantu meringankan beban petani. Dia juga menyampaikan agar alat alat pertanian itu dipakai dengan baik, dirawat dan secara maksimal digunakan bersama anggota kelompok tani. 


Ajib Abdullah juga meminta agar pada saat menggunakan  alat itu, diteliti dan dikontrol tentang kelebihan dan kekurangannya. Karena itu dia berjanji nanti para penerima alat bantuan itu akan dikumpulkan guna dilakukan evaluasi sejauhmana efektiftasnya. (mas)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update