Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Enaknya Menikah di Magetan, Langsung Dapat KTP-KK 'Kado Hidupku' dari Dukcapil

Monday, October 11, 2021 | 14:58 WIB Last Updated 2021-10-11T07:58:14Z

 


MAGETAN (DutaJatim.com)  - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Magetan kembali meluncurkan inovasi terbaru yaitu 'Kado Hidupku, Senin 11 Oktober 2021.


Disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Magetan, Drs. Hermawan MS.i, bahwa Kado Hidupku adalah sebuah inovasi bekerja sama antara Disdukcapil Magetan denga Kantor Kementerian Agama dan KUA Magetan untuk memberikan pelayanan yang membahagiakan bagi masyarakat. 


" Dengan adanya kerjasama ini, maka bagi warga Magetan yang mendaftarkan pernikahannya di KUA, selain mendapatkan buku nikah juga akan langsung merima Kartu Keluarga (KK) dan KTP el perubahan status. Sehingga mempelai tidak lagi perlu mengurus sendiri ke Disdukcapil," katanya  usai ikuti ijab kobul warga yang menikah di KUA Panekan, Senin, (11/10/2021).


Begitu calon mempelai mengurus dokumen perkawian, lajutnya, sekaligus juga mengurus dokumen kependudukan berupa perubahan KTP dan KK. Begitu usai ijab kobul pernikahan di KUA data kependudukanya langsung berstatus kawin. 


" Masyarakat tidak perlu lagi wira wiri lagi ke Kecamatan atau Kantor Dispenduk untuk mengurus perubahan pada dokumen kependudukanya. Sedang keuntungannya bagi pemerintah segera mendapatkan data yang valid, bahwa yang menikah hari ini adalah ini," jelasnya. 


Lebih lajut dikatakan Hermawan, terimakasih atas kerjasama dengan Kemenag Magetan dan KUA Panekan yang telah ikut bersama sama dalam MOU dengan Dukcapil dalam mewujudkan layanan masyarakat sesuai dengan moto dan tagline dukcapil membahagiakan masyarakat bisa terwujud dalam moment seperti sekarang ini. 


" Sekali lagi saya ucapkan terimakasih dan saya ucapkan selamat kepada kepada kedua mempelai berdua," pungkasnya. 


Sementara itu kedua mempelai yang melaksanakan menikah mengaku sangat bahagia dan sangat terbantu, karena bila harus mengurus perubahan dokumen belum tentu dilakukannya secepatnya, pasalnya dirinya dan istri mengaku bekerja dan jarang libur. 


" Layanan Disdukcapil sekarang lebih mudah dan lebih gampang lebih mudah dan dekat dengan masyarakat. Buktinya hari ini saya menikah langsung dapat KTP dan KK dengan status menikah. Mudahan inovasi ini juga dapat diikuti oleh daerah daerah yang lain," kata Suratman (40) mempelai laki laki asli Desa Majung Kecamatan Panekan yang juga diamini oleh istrinya Karsini yang asli Sumberdodol tersebut. 


Acara iijab qobul oleh pasangan Suratman dan Karsini di KUA Kecamatan Panekan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Disependuk Magetan Drs. Hermawan MS.i dan staf, Kepala Kemenag Magetan Muttakin M.Ag, Kepala KUA setempat beserta keluarga kedua mempelai. (ndc/nto).

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update