Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Siapkan Arteri Porong Jadi Jalan Umum

Thursday, January 10, 2013 | 00:48 WIB Last Updated 2013-01-09T17:48:40Z


SIDOARJO - Jalan arteri Porong saat ini statusnya masih merupakan jalan raya uji coba. Pekan depan, sudah resmi jadi jalan umum yang merupakan jalan raya yang juga pengganti jalan raya Porong. Seperti diketahui, jalan Porong selama ini merupkan jalur perekonomian penting di Jatim, sebab menghubungkan Surabya dengan kota-kota besar lainnya di wilayah timur dan selatan, seperti Malang dan Blitar.

Pembangunan arteri Porong atau pengganti jalan Raya Porong sepanjang 7,2 kilometer secara fisik sudah rampung secara keseluruhan. “Pekan depan nanti sudah dibuka untuk umum, perlu diingat selama ini statusnya baru jalan uji coba,” tutur Ahmad Purwanto, dari BPLS, saat dikonfirmasi, Rabu (9/1) kemarin.

Tahap akhir pembangunan jalan tersebut yang meliputi Desa Ketapang sepanjang 1,1 kilometer menyambung tol Kalisampurno-Tanggulangin, sudah selesei dikerjakan. "Alhamdulillah, secara fisik, jalan Arteri Porong bisa dirampungkan sesuai jadwal," tambahnya.


Ia menuturkan , jalan arteri Porong tersebut dibangun sebagai langkah untuk merelokasi Jalan Raya Porong yang overload akibat semburan lumpur. Dengan selesainya jalan tersebut, warga dari arah Sidoarjo yang ingin melewati arteri tidak perlu memutar masuk lewat jalan tol Sidoarjo-Porong. Namun, bisa masuk dari Tanggulangin setelah perlintasan KA di dekat stasiun Tanggulangin. "Kendaraan dari arah Kota Sidoarjo yang akan menuju ke Kota Malang atau Pasuruan bisa langsung masuk ke jalan arteri dari Desa Ketapang," papar dia. Masih menurut Ahmad Purwanto, pada saat pergantian tahun baru lalu jalan tersebut  sudah digunakan warga.

Seperti diberitakan, untuk memecah kemacetan di Jalan Raya Porong, akibat bencana luapan lumpur Lapindo, pertengahan Maret 2012 lalu Jalan Arteri Porong diresmikan ujicobanya oleh Gubernur Jatim H Soekarwo. Pada saat ini, pengerjaan jalan yang menghubungkan Sidoarjo-Pasuruan itu selesei dikerjakan dan siap dioperasikan Secara total. * yan

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update