Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Jokowi: Ibukota Baru di Kukar-Penajam Paser Utara, Jakarta Jadi Pusat Bisnis

Monday, August 26, 2019 | 15:08 WIB Last Updated 2019-08-26T08:08:30Z


JAKARTA (dutajatim.com) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya mengumumkan langsung lokasi ibu kota baru Indonesia yang akan dipindah ke Provinsi Kalimantan Timur. Jokowi memilih lokasi antara Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar)  dan Kabupaten Penajam Paser Utara yang akan jadi pilihan ibu kota baru tersebut. Surat Jokowi soal ibukota baru itu sudah dikirim ke DPR dan akan dibahas dalam rapat Selasa 27 Agustus 2019.


Presiden Joko Widodo mengatakan gagasan pemindahan ibu kota baru ini sudah lama ada.  Bahkan sejak Presiden Soekarno.

"Rencana memindahkan ibu kota sudah digagas sejak lama, bahkan sejak era Presiden Sukarno," ujar Jokowi membuka konferensi pers soal pemindahan ibu kota baru di Istana Presiden, Jakarta, Senin (26/8/2019). 

Jokowi mengatakan saat ibu kota dipindah ke Kaltim,  Jakarta akan menjadi pusat bisnis dan perdagangan. Untuk itu tetap akan dilakukan pembangunan di Jakarta.

"Jakarta akan tetap menjadi prioritas pembangunan dan jadi pusat bisnis, perdagangan, jasa berskala regional dan global," kata Jokowi.

Jokowi menambahkan usulan dari Pemprov DKI tentang rancangan anggaran untuk pembangunan infrastruktur hingga 2030 sebesar Rp 571 triliun juga tetap dilakukan.

"Rencana DKI Jakarta lakukan urban yang dianggarkan Rp 570 triliun tetap dijalankan," katanya.

Presiden juga telah mengirimkan surat ke DPR soal pemindahan ibu kota negara ke Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Surat itu diterima DPR Senin pagi tadi.

"Iya sudah tadi pagi saya yang terima," kata Sekjen DPR Indra Iskandar kepada wartawan, Senin (26/8/2019).  (hud/det)


No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update