Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Desa Bedanten Raih Penghargaan Tangguh Bencana karena Sinergi Pemkab-Masyarakat

Tuesday, October 15, 2019 | 00:02 WIB Last Updated 2019-10-14T17:02:24Z

GRESIK (DutaJatim.com) - Pemerintah Kabupaten Gresik menyerahkan penghargaan tangguh bencana tingkat Provinsi Jawa Timur dengan kategori utama kepada Desa Bedanten, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik. Penghargaan desa tangguh bencana itu diserahkan usai upacara peringatan Hari Jadi ke-74 Provinsi Jawa Timur yang diadakan di halaman Kantor Bupati Gresik, Senin (14/10/2019).

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Gresik Dr. H. Moh. Qosim menyerahkan secara langsung penghargaan berupa piala kepada Kepala Desa Bedanten, Abdul Majid.  "Hari ini bertepatan dengan peringatan hari jadi ke-74 Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik menyerahkan penghargaan desa tangguh bencana kepada Desa Bedanten," kata Wabup.

Wabup Moh. Qosim mengatakan, diterimanya penghargaan itu bukan semata-mata sebagai bentuk apresiasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur saja, namun perlu dijadikan sebagai motivasi agar ke depan masalah penanggulangan terhadap datangnya bencana dapat semakin ditingkatkan.

"Penghargaan ini jadikan sebagai motivasi guna menggugah tingkat partisipasi masyarakat Desa Bedanten dalam rangka penanggulangan terhadap potensi ancaman bencana," kata Wabup.

Artinya, keterlibatan masyarakat dan peran serta pemerintah sangat diperlukan dalam rangka penanggulangan bencana. "Dalam proses mitigasi bencana, partisipasi masyarakat dan peran aktif pemerintah harus bersinergi agar dalam penanganannya cepat dan tepat," ungkap Wabup.

Wabup menambahkan, untuk desa yang lain hendaknya menjadikan Desa Bedanten sebagai desa percontohan, utamanya terkait dengan mitigasi bencana. "Semua daerah pasti tak luput dari ancaman bencana, namun dengan adanya proses mitigasi bencana dan penanganan yang tepat, maka kita akan lebih siap menghadapi dan menanggulangi jika bencana itu benar-benar terjadi," tegas Wabup. (sal)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update