Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Selain Prabowo, Sri Mulyani Boleh Umumkan Sendiri Jabatannya di Kabinet

Tuesday, October 22, 2019 | 11:45 WIB Last Updated 2019-10-22T04:45:01Z

JAKARTA (DutaJatim.com) -  Hingga pukul 11.33 Selasa 22 Oktober 2019 siang ini 17 tokoh sudah dipanggil Presiden Jokowi ke Istana. Satu orang gugur sebagai calon menteri, sementara hanya dua orang yang diberi izin spesial oleh Jokowi untuk mengumumkan ke publik posisinya di Kabinet. Kedua orang yang diberi hak spesial itu juga terbilang spesial, yaitu mantan capres yang juga Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan mantan direktur Bank Dunia Sri Mulyani Indrawati.

"Beliau minta khusus untuk saya boleh menyebutkan posisinya," kata Sri Mulyani kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (22/10/2019).
Sri Mulyani dipastikan kembali jadi Menteri Keuangan. "Beliau (Presiden Jokowi) menugaskan saya untuk menjadi menteri keuangan," katanya.

Sri Mulyani mengatakan Jokowi sendiri yang meminta dia langsung menyebutkan hal itu. Di dalam, mereka juga berbincang banyak hal soal ekonomi.
Selain Sri Mulyani, Senin (21/10) kemarin, hanya Prabowo yang boleh mengumumkan posisinya. Bahkan Edhy Prabowo yang masuk Istana berbarengan dengan Prabowo pun tak boleh menyebut posisinya di kabinet.

"Saya diizinkan menyampaikan, saya diminta membantu beliau di bidang pertahanan. Saya akan bekerja sekeras mungkin untuk mencapai sasaran dan harapan yang ditentukan," kata Prabowo setelah bertemu dengan Jokowi di kompleks Istana Negara, Jakarta, Senin (21/10).

Sejauh ini, selain Tetty Paruntu, ada 16 orang calon pejabat negara yang telah dipanggil Jokowi. Sebanyak 14 di antaranya diduga calon menteri, sementara dua orang lainnya diduga pejabat di lingkaran Istana.

Politikus NasDem Syahrul Yasin Limpo juga diajak berbincang dengan Presiden Joko Widodo. Adapun yang dibicarakan adalah soal pertanian hingga perkebunan.

"Saya tidak disampaikan menteri apa, yang ditanya bagaimana membuat 260 juta jiwa bisa dijamin agar lebih baik, tenteram," ungkap Syahrul di Istana Negara, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (22/10/2019).

"Lebih khusus bidang pertanian, perkebunan, perikanan, dan lain-lain," imbuhnya.

Dia memastikan akan bekerja maksimal. Apalagi Syahrul mengaku sudah 25 tahun bekerja di birokrasi.
"Saya tentu saja juga merasa berterima kasih, bahwa dengan pengalaman yang saya mulai dari lurah, camat. Saya 25 tahun menjadi kepala daerah, bupati dan gubernur," tuturnya.

Ketika dikonfirmasi apakah posisinya menjadi menteri pertanian (Mentan), Syahrul menyebut menunggu pengumuman dari Jokowi. Hingga siang ini sudah ada 2 politikus NasDem yang dipanggil Jokowi. Sedang nama-nama yang sudah ada di kantong Presiden antara lain:

1. Mahfud MD
2. Nadiem Makarim
3. Wishnutama
4. Erick Thohir
5. Tito Karnavian
6. Airlangga Hartarto
7. Pratikno
8. Fadjroel Rachman
9. Nico Harjanto
10. Prabowo Subianto
11. Edhy Prabowo
12. Sri Mulyani
13. Syahrul Yasin Limpo
14. Agus Gumiwang Kartasasmita
15. Juliari Batubara
16. Siti Nurbaya Bakar

(det/hud)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update