-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

100 Guru SD Antusias Ikuti Pelatihan Implementasi Materi Numerasi Modul 2

Jumat, 06 Desember 2019 | 17.18 WIB Last Updated 2019-12-06T12:45:13Z


SIDOARJO (DutaJatim.com) - Sekitar 100 guru sekolah dasar se-Kabupaten Sidoarjo ikuti pelatihan implementasi materi numerasi modul 2 yang digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo bekerjasama dengan Program INOVASI, di aula dinas pendidikan setempat.

Nurul Ainia, Fasda Inovasi Pembelajaran mengatakan, pelatihan implementasi metari numerasi modul 2 atau pengembangan praktik baik numerasi kelas awal jenjang sekolah dasar gelombang III ini tujuannya melatih peserta untuk menjadi fasilitator tingkat gugus.

"100 peserta ini dari 18 kecamatan, masing-masing gugus dihadiri satu orang dari 5-6 sekolah. Mereka nantinya akan mengimbaskan hasil pelatihan di masing-masing gugus," kata Nia, Jumat (6/12/2019).


Kegiatan dilaksanakan dalam tiga gelombang mulai gelombang 1 (25-26 November), gelombang 2 (2-4 Desember) dan gelombang 3 (5-6 Desember).

Lebih lanjut Nia menyatakan, kegiatan itu sekaligus mengaplikasikan dan mengimplemntasikan numerasi guru kelas awal, mengembangkan media dan mengembangkan metode pembelajaran ke anak-anak.

Sementara materi yang disampaikan Fasda Inovasi Pembelajaran di antaranya unit satu tentang kepekaan bilangan, unit dua tentang pola dan pola bilangan, unit tiga tentang eksplorasi bilangan, unit empat tentang nilai tempat serta unit lima penjumlahan dan pengurangan.

"Peserta sangat antuasias dan tertarik media baru. Khususnya tentang penggunaan penjumlahan dan pengurangan. Matematika menggunakan bingkai 10 garis bilangan dan tabel 100 (tabel 1-100) di mana mereka menggunakannya maju ke kanan untuk penjumlahan dan mundur ke kiri untuk pengurangan). Tabel 100 ke atas nila semakin kecil, ke bawah nilainya semakin besar," terangnya.

Pihaknya berharap, melalui kegiatan ini dapat menuntaskan tentang numerasi di masing-masing sekolah. Setelah dipraktekkan di sekolah dapat dilanjutkan di gugus.

"Selanjutnya, para Fasda Inovasi Pembelajaran yang ditunjukkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan akan mendampingi beberapa sekolah untuk mengadakan observasi tentang pengembangakan praktek baik numerasi. Observasi dilakukan antara Januari-April 2020," pungkasnya. (gas)
×
Berita Terbaru Update