-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Anak dan Menantu Maju Pilkada, Jokowi Emoh Disebut Bangun Dinasti Politik

Kamis, 12 Desember 2019 | 17.34 WIB Last Updated 2019-12-12T10:34:43Z

SOLO (DutaJatim.com) -  Putra  dan menantu Presiden Jokowi, yakni Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution, maju di Pilkada serentak 2020.  Gibran Rakabuming Raka resmi menyerahkan formulir pendaftaran ke Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Jawa Tengah, Kamis, 12 Desember 2019, untuk maju dalam pemilihan walikota Solo. Usai mendaftar, Gibran mengaku terharu saat memberikan orasinya di hadapan ratusan relawan. 

Sementara Bobby Nasution maju sebagai calon wali kota Medan di Pilwalkot Medan. Bobby pun sudah mendaftar.


Meski dua anggota keluarganya ikut bertarung memperebutkan kursi kekuasaan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak ingin berkomentar banyak soal pencalonan mereka. 

Anak dan Menantu Maju Pilkada, Jokowi Emoh Disebut Bangun Dinasti Politik.

"Sebab, itu sudah menjadi keputusan, silakan menanyakan ke yang bersangkutan," kata Jokowi, Kamis (12/12/2019).

Tentu saja Jokowi dikritik tengah membangun dinasti politik, karena pencalonan Gibran dan Bobby di Pilkada tersebut. Namun  Jokowi menegaskan, bahwa apa yang dilakukan Gibran dan Bobby itu sebuah kontestasi politik.  Artinya mereka bisa menang bisa pula kalah.

"Itu kan sebuah kompetisi. Kompetisi bisa menang bisa kalah. Terserah rakyat yang memiliki hak pilih," katanya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyerahkan sepenuhnya pencalonan Gibran dan Bobby kepada masyarakat. Ia membantah menunjuk anak dan menantunya itu maju pilkada agar bisa menjadi kepala daerah.

"Siapa pun punya hak pilih dan dipilih. Ya kalau rakyat enggak memilih gimana. Ini kompetisi bukan penunjukan. Beda. Tolong dibedakan," katanya.

Karena itu, meski Anak dan Menantu Maju Pilkada, Jokowi Emoh Disebut Bangun Dinasti Politik.

Gibran sendiri resmi menyerahkan formulir pendaftaran ke Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Jawa Tengah, Kamis, 12 Desember 2019. Usai mendaftar, Gibran mengaku terharu saat memberikan orasinya di hadapan ratusan relawan.

Salah satu yang disinggung putra sulung Presiden Joko Widodo itu adalah utangnya kepada ratusan relawan yang mendukungnya maju dalam Pilkada Kota Solo.

"Hari ini akan saya catat sebagai utang pertama saya kepada bapak ibu sekalian," katanya.

Dia pun berjanji akan membayar utang tenaga dan keringat relawannya dengan kebijakan yang akan menyejahterakan masyarakat Solo, jika dia mendapatkan rekomendasi PDIP dan terpilih sebagai wali kota Solo mendatang. 

Sebelumnya, saat melepas rombongan, 
tampak Ibu Negara Iriana Jokowi dan istri Gibran, Selvi Ananda, turut melepas keberangkatan rombongan Gibran.

Gibran terlihat datang lebih dahulu di lokasi kumpul, Graha Saba Buana, Sumber, Banjarsari, Solo, Kamis (12/12/2019). Dia menyalami dan meminta doa kepada para relawan.

Setelah seremonial dimulai, terlihat Iriana berada di dekat panggung bersama Selvi. Mereka ikut menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama para relawan. (okz/det)


×
Berita Terbaru Update