-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Desa Balun, Desa Surga di Lamongan

Sabtu, 07 Desember 2019 | 03.13 WIB Last Updated 2019-12-06T20:13:09Z

LAMONGAN (DutaJatim.com)  - Desa Balun, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan, bukan hanya indah secara fisik tapi juga secara sosial keagamaan. Desa Balun disebut sebagai Desa Pancasila lantaran menggambarkan keberagaman warganya. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia, Abdul Halim Iskandar, pun menyebut desa surga yang bisa ditiru desa lain di Indonesia.

Desa Balun, Desa Surga di Lamongan.

"Hubungan sosial antar umat beragama di desa ini sudah bagus dan patut untuk dicontoh oleh desa-desa lain yang ada di Indonesia," kata Abdul Halim saat berkunjung ke Desa Balun Jumat 6 Desember 2019.  

Halim sempat salat Jumat berjamaah di masjid Desa Balun. 

"Ini luar biasa. Desa ini prototipe desa surga. Karena kalau semua umat beragama hidup rukun dan hubungan sosialnya bagus, pasti hidupnya nyaman," kata Halim usai  berdialog dengan warga Desa Balun di Masjid desa setempat.

Menurut Halim, Kemendes akan menjadikan Desa Balun sebagai prototipe desa surga untuk seluruh Indonesia. Sebab apa yang ada di Desa Balun memang sejak dulu sudah ada warisan dari nenek moyang. Meski warisan, kata Halim, apa yang ada di Desa Balun dilestarikan oleh warga. Karena itu bisa ditiru dan diterapkan di desa-desa lain meski tidak mudah. 

"Desa ini sudah bagus karena apa yang ada di desa ini, termasuk Bumdes-nya sudah bagus dan desa ini juga menjadi desa wisata religi juga," kata Halim.

Halim juga mengajak semua orang untuk berkunjung ke Desa Balun agar bisa memahami Indonesia yang sesungguhnya. Indonesia  yang semua umat hidup rukun dan damai.  Kesalehan sosial terjaga di desa ini.

 Halim juga mengajak semua orang yang ingin tahu tentang Indonesia yang sesungguhnya bisa datang dan berkunjung ke Desa Balun. 

"Kalau mau tahu Indonesia, tak usah jauh-jauh, datang saja ke Desa Balun," ujarnya.

Kakak kandung ketua DPP PKB Muhaimin Iskandar ini juga sempat bertemu dengan tokoh lintas agama yang ada di Desa Balun. Halim juga berkesempatan untuk berfoto bersama dengan tokoh lintas agama dan Bupati Lamongan di depan masjid Miftahul Huda Desa Balun. Saat berkunjung ke desa ini, Halim didampingi oleh Forkompimda Lamongan.

Desa Balun sendiri selama ini terkenal sebagai desa Pancasila. Pasalnya, di desa ini hidup rukun 3 agama, yaitu Islam, Kristen dan Hindu. Kesalehan sosial di desa ini juga nampak dari tempat ibadah 3 agama ini yang berdampingan secara damai. 

Usai salat Jumat dan berdialog dengan warga desa, Halim Iskandar melanjutkan acaranya untuk hadir di Jambore Inovasi Cegah Stunting dan apel KPM TPID dan KPM se-Lamongan yang berlangsung di Waduk Gondang, Kecamatan Sugio. (det/ara)
×
Berita Terbaru Update