Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Bupati Fadeli Lantik 15 Kades: Dana Desa Jangan Hanya untuk Pembangunan Fisik!

Friday, January 24, 2020 | 09:31 WIB Last Updated 2020-01-24T02:31:20Z

LAMONGAN (DutaJatim.com) - Bupati Fadeli  melantik 15 Kepala Desa (Kades) hasil Pilkades serentak 15 September 2019 lalu di Pendopo Lokatantra Pemkab Lamongan, Kamis (23/1/2020). Dalam kesempatan itu Bupati meminta pemerintah desa  menggunakan Dana Desa tidak hanya untuk pembangunan fisik tapi juga untuk pemberdayaan ekonomi melalui pengembangan potensi desa.

"Manfaatkan Dana Desa tidak hanya untuk pembangunan fisik saja. Tetapi juga untuk mengembangkan potensi yang ada di masing-masing desa, melalui berbagai kegiatan pemberdayaan ekonomi. Terlebih saat ini seluruh 462 desa di Lamongan sudah memiliki BUMDes. Lewat BUMDes ini bisa dimunculkan berbagai inovasi untuk ekonomi desa yang berkelanjutan, sehingga nantinya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Bupati Fadeli.


Kepada Kades terpilih yang baru saja dilantik, Fadeli meminta agar segera melakukan aksi, memetakan potensi apa yang ada di desanya lalu dikembangkan. Tak lupa Bupati juga berpesan kepada seluruh Kades agar dapat mempertanggungjawabkan Dana Desa serta mengelolanya dengan baik.

Lebih lanjut, Bupati Fadeli juga mengingatkan terkait bencana yang bisa saja terjadi saat musim hujan, salah satunya yakni pohon tumbang. Kades bisa melaporkan titik-titik dimana ada pohon rawan tumbang pada Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan PU Bina Marga untuk dilakukan pemangkasan.


Pada kesempatan ini, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Khusnul Yaqin mengatakan, dari hasil Pilkades serentak tersebut, 187 Kades lama terpilih kembali dan 198 lainnya adalah kepala desa  baru.

Pelantikan 15 Kades tersebut baru bisa dilaksanakan kali ini karena masa jabatannya yang baru berakhir pada Januari 2020. Sebanyak 369 Kades telah dilantik pada 7 Nopember 2019, 1 orang pada 28 Nopember 2019.

"Dan sisanya sebanyak 15 Kades baru dapat dilantik pada hari ini, karena memang masa jabatannya yang baru berakhir pada Januari 2020" kata dia. Saat itu Pilkades serentak  berlangsung kondusif. (ful)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update