Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Bupati Fadeli Puji Instansi Ber-SAKIP AA, Layanan Publik Harus Makin Baik

Thursday, January 23, 2020 | 05:22 WIB Last Updated 2020-01-22T22:23:32Z


LAMONGAN (DutaJatim.com) -  Dua instansi di lingkungan Pemkab Lamongan mendapat nilai AA untuk Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP). Masing-masing Dinas Perikanan dan Kecamatan Lamongan.

Keduanya mendapat penghargaan dalam acara Pencanangan Zona Integritas, Penandatanganan Pakta Integritas dan Perjanjian Kinerja Tahun 2020 serta Penyerahan Penghargaan AKIP Perangkat Daerah Tahun 2019 Kabupaten Lamongan di Ruang Gajah Mada Pemkab Lamongan, Rabu (22/1/2020). Dalam kesempatan itu Bupati Lamongan Fadeli memuji dua instansi tersebut.

Namun, kata dia, capaian nilai AA  mengandung konsekuensi. Tidak hanya prestasi tapi  pelayanan publiknya harus semakin berkualitas. 

"Program yang dibuat harus bisa dirasakan secara langsung oleh masyarakat. Jangan sampai ada perangkat daerah yang tidak bisa memenuhi target yang sudah ditetapkannya sendiri. Pelayanan harus semakin baik. Karena itu saya  meminta agar perjanjian kinerja yang sudah ditandatangani harus dipenuhi," katanya.

Bupati memberi contoh pembangunan Mall Pelayanan Publik (MPP) yang akan memusatkan seluruh pelayanan publik di Lamongan dalam satu gedung. Hal itu adalah bagian dari upaya untuk memberikan pelayanan publik yang prima.

Terkait layanan publik, Bupati memberi apresiasi kepada perangkat daerah yang nilai SAKIP-nya sudah bagus apalagi yang AA. "Ini menunjukkan perangkat daerah sudah memahami tugas dan fungsinya," ujar Fadeli.

Hal senada disampaikan Sekretaris Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PAN RB, Didid Noordiatmoko, yang turut hadir dalam kesempatan itu.

Dia memberikan contoh pembangunan Alun-alun Lamongan dengan berbagai fasilitasnya, yang kemudian banyak dikunjungi warga. Ini, menurutnya, menunjukkan, bahwa kinerja Pemkab Lamongan bisa dirasakan dan bermanfaat langsung pada masyarakat.

"Zona integritas adalah miniatur dari reformasi birokrasi. Dan reformasi birokrasi menunjukkan bahwa birokrasi itu ada untuk semakin mempermudah pelayanan kepada masyarakat di level apapun," terangnya.

"Saat ini, nilai SAKIP perangkat daerah Pemkab Lamongan yang sudah AA ada dua. Tahun lalu belum ada yang bisa mencapai nilai AA. Yang lain 50 perangkat daerah nilai SAKIP- nya A dan 13 nilai BB," katanya.


Disebutkan, yang dilakukan Pemkab Lamongan sudah baik. Dengan pencanangan zona integritas dan penandatanganan kinerja di awal tahun.

"Saya  berharap Pemkab Lamongan nanti bisa menjadi tolak ukur, menyebarkan virus kebaikan kepada pemerintah daerah lainnya", pintanya. (ful)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update