-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Ngaku Bisa Panggil Nabi dan Malaikat, Ningsih Tinampi Sesat dan Harus Dibina!

Sabtu, 18 Januari 2020 | 10.33 WIB Last Updated 2020-01-18T03:33:59Z

SURABAYA (DutaJatim.com) - Masyarakat diminta cerdas dalam melihat sebuah peristiwa. Termasuk peristiwa yang dibikin oleh Ningsih Tinampi.


Seorang perempuan dukun yang membuat berbagai kontroversi. Mulai mengaku bisa mengobati segala macam penyakit, mengalahkan pasukan dukun yang jumlahnya banyak,  hingga ngaku-ngaku  bisa memanggil malaikat dan nabi. Ini aneh. Yang lebih aneh lagi adalah orang-orang percaya kepadanya.

Omongannya yang semakin nglantur itu sejatinya tanda bagi masyarakat agar tidak lagi percaya kepada Ningsih Tinampi. Tidak percaya pada semua klaimnnya. Sebuah tanda yang ditunjukkan oleh Tuhan yang Maha Kuasa.


Karena itu mestinya tokoh agama Islam dan aparat keamanan mestinya segera bertindak, mendatanginya untuk memeriksa apakah semua klaimnya itu benar atau  abal-abal. Apakah dia menipu masyarakat? Baik dengan tujuan agar channel youtubenya dibanjiri pemirsa atau agar pasiennya semakin banyak. 

Pengakuan Ningsih yang menyebut dirinya bisa memanggil nabi dan malaikat itu terekam dalam video yang diunggah di channel Youtube Ningsih Tinampi. Video itu berjudul 'Ningsih Tinampi, Penunjukan Ilmu Milik Ningsih'.

Dalam video itu, Ningsih tampak tengah mengobati pasien yang disebutnya punya indra keenam. Melalui pasien perempuan itu, Ningsih seakan ingin menegaskan ke pemirsa channel-nya bahwa ilmu pengobatan dan kesaktian yang dimilikinya bukan berasal dari jin.


Ningsih lalu mengatakan pada pasien perempuan itu, bahwa dia akan menunjukkan makhluk-makhluk yang selama ini bersamanya. Untuk meyakinkan tak ada rekayasa, Ningsih menegaskan bahwa dia sebelumnya tak mengenal si pasien. 

Setelah itu Ningsih membaca doa. Sesaat kemudian Ningsih bertanya pada pasien. Pasien kemudian menangis sesenggukan. 

"Kenapa nangis? Kamu nggak kuat melihatnya. Padahal ini para malaikat yang aku undang. Sekarang yang saya undang adalah para nabi," kata Ningsih seperti dalam video yang dilihat paa Jumat (17/1/2020).

Setelah berdoa, pasien kembali menangis. Tangisannya semakin panjang. "Ini yang datang adalah para nabi. Saya tidak bohong. Demi Allah," katanya.

Sudah Sesat

Video berdurasi 47.51 menit ini juga menyedot perhatian banyak pemirsa. Video ini sudah ditonton ribuan kali dan menuai beragam komentar. Umumnya banyak yang mengecam Ningsih.

Dalam video itu justru terlihat bahwa Ningsih sendiri yang dikuasai jin. Sifat-sifat jin salah satunya suka menyelinap dalam diri manusia, menguasainya, lalu memengaruhi manusia lain. Jin juga mengajarkan agar manusia menyombongkan diri. Klaim bisa memanggil malaikat dan nabi salah satu pamer kesombongan itu.

Karena itu wajar MUI Kabupaten Pasuruan menilai Ningsih  sesat.

"Niku lek'e pancene ngaku ketok barang gaib, ketok malaikat, iku sesat. (Itu kalau benar mengaku melihat hal gaib, melihat malaikat, itu sesat)," kata Ketua MUI Kabupaten Pasuruan KH Nurul Huda Jumat (17/1/2020) seperti dikutip dari detik.com.

Gus Huda, sapaan KH Nurul Huda, kemudian menyitir ayat dalam Al-Quran dan hadis. "Dalam Surat Annaml Ayat 65 dikatakan, tidak akan ada yang tahu seluruh penduduk langit dan bumi tentang perkara gaib kecuali Allah yang Maha Mengetahui," paparnya.

"Kemudian ada hadis nabi, barang siapa datang kepada orang yang sok tahu lalu bertanya tentang sesuatu, lalu ia percaya dengan dia, maka solatnya 40 hari tidak diterima," tambah Gus Huda, mengutip Hadis Riwayat Muslim.

Gus Huda berharap segera ada pembinaan pada Ningsih agar tak kebablasan. "Jadi kalau bisa ya dibina saja. Jangan sampai begitu. Mengobati ya mengobati, mengobati dengan cara agama," katanya. (nas/det)


Foto: Islampos
×
Berita Terbaru Update