-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Pilkada Surabaya: Setelah PKB-PAN Giliran NasDem-PKS Akan Usung Machfud Arifin

Monday, January 20, 2020 | 11:04 AM WIB Last Updated 2020-01-20T04:04:30Z


SURABAYA (DutaJatim.com) -  Langkah mantan Kapolda Jatim Irjen (purn) Machfud Arifin untuk maju dalam palagan pemilihan walikota Surabaya 2020 semakin mantap. Setelah mendapat rekomendasi dari PAN dan PKB (8 kursi DPRD Kota Surabaya), kini Partai Nasional Demokrat (NasDem) dan PKS  giliran bersiap mengeluarkan surat rekomendasi untuk Machfud Arifin dalam Pilkada 23 September 2020 mendatang itu.

"Pak MA (Machfud Arifin) sudah bersilaturahim sekaligus mendaftar ke kantor DPP Partai NasDem di Jakarta tiga minggu lalu," kata anggota DPRD Surabaya dari NasDem, Imam Syafii, saat ditemui di Surabaya, Senin 20 Januari 2020 pagi tadi.

PAN sebelumnya juga mengeluarkan surat rekomendasi dukungan kepada Machfud Arifin sebagai bakal calon wali kota Surabaya dalam Pilkada Surabaya 2020 pada Kamis (6/1). Selain itu PKB pada Minggu (19/1/2020).

Baca Juga: Pilwali Kota Surabaya: PKB Resmi Berikan Rekom ke Machfud Arifin

Namun demikian, lanjut dia, sampai saat ini DPP Partai NasDem belum mengeluarkan rekomendasi terkait Pilkada Surabaya. Biasanya, kata dia, DPP NasDem akan memberikan rekomendasi kepada bakal calon yang dinilai kompeten dan berpeluang besar memenangi pilkada. Dan salah satunya adalah Machfud Arifin.

Saat ditanya mengenai bakal cawali dan cawawali yang sudah mendaftar di NasDem, Imam Syafii mengatakan semua berkas pendaftar sudah diserahkan kepada DPP NasDem.  "Jadi semuanya terserah DPP," kata politikus NasDem yang juga mantan jurnalis ini seperti dikutip dari Antara.

Namun demikian, lanjut dia, pihaknya berharap salah satu dari mereka yang memiliki elektabilitas tertinggi bisa digandeng sebagai bakal calon wakil wali kota (cawawali)-nya Machfud Arifin jika nantinya diberi rekomendasi oleh DPP NasDem.  Saat ditanya siapa di antara bakal cawawali yang berpotensi bisa berpasangan dengan Machfud Arifin, Imam mengatakan mereka tentunya yang sudah mendaftar di NasDem, di antaranya pengurus DPD Golkar Jatim KH Zahrul Azhar (Gus Hans), politikus NasDem Vinsensius Awey, dan Ketua DPC Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Surabaya Haryanto.


Selain itu, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) juga siap memberikan rekomendasi kepada Machfud Arifin untuk maju pada Pilkada 2020.

Ketua DPD PKS Surabaya Akhmad Suyanto, di Surabaya, Senin 20 Januari 2020, mengatakan pada prinsipnya PKS siap membangun sinergi dengan partai atau bakal cawali Surabaya manapun untuk menghadapi Pilkada Surabaya yang digelar pada 23 September 2020. "Semua masih cair dan dinamis. Kita siap bersinergi dengan partai dan cawali manapun," katanya.

Meski demikian, lanjut dia, PKS memiliki lima bakal cawali Surabaya hasil penjaringan internal yang akan ditawarkan kepada partai koalisi di Pilkada Surabaya.  Mereka adalah Sigit Sosiantomo (anggota DPR RI), Ahmad Jabir (Ketua MPW PKS Jatim), Akhmad Suyanto (Ketua Umum DPD PKS Kota Surabaya sekaligus anggota DPRD empat periode), Reni Astuti (Wakil Ketua DPRD Surabaya), dan Achmad Zakaria (anggota DPRD Surabaya periode 2014-2019 sekaligus Ketua Bidang Kepemudaan DPW PKS Jatim).

Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan pada saat menghadiri Rakorda DPD PKS Surabaya di Asrama Haji Surabaya, Minggu (19/1) mengatakan PKS cukup terbuka bisa mengusung cawali dari luar kader PKS, salah satunya Machfud Arifin.

"Dengan Pak Jenderal (Machfud Arifin) kita terbuka turut mengusung jika dinamika politiknya memungkinkan. Ini tugas teman di Surabaya (DPD PKS Surabaya) mengusulkan," katanya.

Menurut dia, pihaknya meminta pengurus DPD PKS Surabaya menjaga komunikasi sampai akhirnya bisa mengusulkan dua bakal calon di Pilkada Surabaya 2020.  "Kapan siapnya apa bulan depan atau Maret. Kalau lebih cepat lebih baik," katanya. (ndc/ant/gas)

×
Berita Terbaru Update