-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Puluhan Pohon dan Tiang Listrik di Surabaya dan Sidoarjo Roboh Diterjang Angin Kencang

Senin, 06 Januari 2020 | 02.12 WIB Last Updated 2020-01-05T19:12:02Z

SURABAYA (DutaJatim.com) - Hujan deras disertai angin kencang melanda Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo Minggu (5/1/2020) sore.

Puluhan pohon dan tiang listrik di dua daerah itu roboh disapu angin kencang.

Berdasarkan data yang dihimpun dari BPBD Linmas Kota Surabaya, pohon tumbang terjadi di 67 titik ruas jalan. Pohon yang tumbang bahkan sampai menutup akses jalan.

Misalnya  di Jalan Ahmad Yani Surabaya, sejumlah pohon tumbang disapu angin. Tampak  petugas dari Pemkot Surabaya membersihkan potongan ranting dan pohon yang tumbang saat hujan mulai reda.

Sementara data yang dihimpun dari PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur, hujan dan angin kencang merobohkan puluhan tiang listrik di wilayah Surabaya dan Sidoarjo.

Rinciannya, 3 tiang roboh dan 7 tiang doyong di wilayah PLN UP3 Surabaya Barat, 3 tiang roboh di wilayah PLN UP3 Surabaya Selatan, 67 tiang patah dan roboh, serta 11 tiang doyong di wilayah PLN UP3 Sidoarjo.

Akibatnya, sambungan listrik di wilayah tersebut terputus. Sejumlah daerah pun sempat mengalami gelap Minggu tadi malam. Namun Senior Manager General Affairs PT PLN (Persero) Unit Induk DIstribusi Jawa TImur, A Rasyid Naja mengatakan, Minggu malam pukul 20.00 WIB, sebagian wilayah sudah tertangani dan sambungan listrik pun kembali normal.

"Wilayah Surabaya utara dan Surabaya barat telah berhasil ditangani oleh petugas, kini seluruh pelanggan telah menyala kembali," katanya.

Sementara untuk wilayah Surabaya selatan dan Sidoarjo, sebagian wilayah telah menyala kembali.

Dua trafo di wilayah Rungkut sedang dalam proses penangangan dan segera dinyalakan dengan menggunakan dua unit gardu bergerak.

Salah satu desa yang diterjang 
angin kencang adalah  Desa Barengkrajan, Kecamatan Krian, Sidoarjo Minggu (5/1/2020) sore.

Ada puluhan tiang penyangga kabel di Desa itu ambruk terhempas angin. Beberapa sepeda motor dan mobil milik warga juga tertimpa kabel dan tiang yang ambruk tersebut.

"Beberapa sepeda motor yang kebetulan sedang parkir di pinggir jalan ikut jadi korban. Tertimpa kabel dan tiang," kata Dimas, warga setempat.

Dikatakan peristiwa itu terjadi sekira pukul 15.30 WIB. Saat hujan deras mengguyur, angin kencang datang. Tak lama berselang, beberapa tiang listrik roboh di jalan. "Roboh diterjang angin," katanya. (nas/kcm)
×
Berita Terbaru Update