-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tingkatkan Produksi Pertanian, TNI-Rakyat Bangun Irigasi

Friday, January 17, 2020 | 7:53 AM WIB Last Updated 2020-01-17T00:55:24Z


LAMONGAN (DutaJatim.com) - Upaya TNI dalam membantu masyarakat di bidang pertanian terus dilakukan dan di tingkatkan. Mulai dari pendampingan cara pengolahan lahan, tanam, pengobatan, hingga membantu pemupukan sampai masa panen.

Bahkan distribusi pupuk dan proses penjualan hasil panen juga tetap dikawal para prajurit TNI-AD. Lebih dari itu, para prajurit ini juga membantu urusan normalisasi saluran irigasi.

Sebagaimana yang dilakukan Babinsa Koramil 0812/10 Babat Serda. M. Ridwan bersama anggota Koramil dan masyarakat melaksanakan karya bhakti pembuatan saluran irigasi untuk lahan persawahan yang bertempat di Dusun Bulu Gondang, Desa Bulu Margi, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan pada Kamis (16/1/2020).

Dalam karyabakti ini Danramil 0812/10 Babat Kapten Inf Mansyur yang berada di lokasi Karyabakti mengatakan bahwa, program peningkatan swasembada pangan ini tidak hanya dititikberatkan pada lahan pertanian saja namun sarana untuk penunjang seperti pembangunan saluran irigasi yang mana juga memliki peranan yang sangat vital dalam pertanian.

"Saluran irigasi ini juga berfungsi untuk membagi arus aliran air ke masing-masing sawah sehingga para petani tidak kesulitan dalam memperoleh air untuk mengairi sawah mereka, ujar Danramil 0812/10 Babat," katanya.

Samidi, salah satu warga Desa Bulu Margi, mengucapkan terimakasih kepada  TNI terutama Babinsa yang telah membantu pengerjaan pembuatan saluran irigasi. Ini bisa mempererat hubungan komunikasi sosial antara anggota TNI dengan masyarakat Desa Bulu Margi. "Perlu diketahui juga saluran irigasi yang sedang dikerjakan nantinya akan mengairi lahan persawahan", terangnya.

Sementara di tempat terpisah di sela kegiatan, Komandan Kodim 0812 Lamongan Letkol Inf Sidik Wiyono, S.H., M.Tr.Han mengatakan, kegiatan karya bakti ini dilaksanakan Babinsa  bersama sama dengan masyarakat.

Selain untuk membantu masyarakat juga mempererat hubungan komunikasi dengan masyarakat di wilayah binaan, dengan tujuan untuk meningkatkan hasil produksi pertanian.

"Sehingga tingkat kesejahteraan masyarakat petani bisa mengalami peningkatan juga untuk mewujudkan kemanunggalan pertanian antara TNI dengan masyarakat," katanya. (ful)
×
Berita Terbaru Update