RajaBackLink.com

PROMOSI PRODUK




Hosting Unlimited Indonesia

241 WNI Dipulangkan, 4 Orang Pilih Bertahan di Wuhan

On Sunday, February 02, 2020


JAKARTA (DutaJatim.com) –  Sebanyak 241 Warga Negara Indonesia (WNI) dipulangkan dari Wuhan, China, ke Indonesia Minggu 2 Februari 2020. Semua WNI dalam kondisi sehat.

Semula Pemerintah  akan mengevakuasi 245 WNI di Wuhan, dan 5 tim advance yang lebih dulu ke China untuk memastikan kesehatan WNI yang akan dipulangkan. Namun, ada empat WNI yang memilih bertahan di Wuhan.
“Sudah disampaikan bahwa pemulangan bersifat sukarela. Karena itu mereka  memutuskan dengan pertimbangan masing-masing," kata Pelaksana Tugas Juru Bicara Kemenlu, Teuku Faizasyah, Minggu 2 Februari 2020 pagi ini.
"Saya tegaskan lagi kepada WNI sudah diinfokan opsi pemulangan ini. Mereka juga sudah memahami sifat yang sukarela ini,” ujarnya.
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan 241 WNI siap diterbangkan ke Indonesia.
"Alhamdullillah, sampai saat ini 241 WNI yang  kembali semua dalam kondisi sehat. Dan protokol kesehatan akan terus diterapkan secara disiplin. Bismillah,” tulis Retno dalam akun Instagram resmi pribadinya yang dikutip Minggu (2/2/2020).

Seperti diberitakan DutaJatim.com sebelumnya, Tim Evakuasi WNI di Wuhan sudah diterbangkan ke China. Untuk itu 
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan pemerintah akan mengevakuasi sebanyak 245 warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Provinsi Hubei, China, pada Sabtu 1 Fabruari 2020, menggunakan pesawat berbadan lebar milik maskapai Batik Air. 

Retno Marsudi dalam jumpa pers di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Sabtu siang, mengatakan  ada 245 WNI dan lima anggota tim aju (advance) yang akan dipulangkan ke Indonesia. Sehingga total ada 250 WNI yang akan dievakuasi.

Retno mengatakan saat ini WNI yang ada di Provinsi Hubei sedang bergerak menuju ke bandara internasional di Wuhan. Para WNI tersebut bergerak dari beberapa lokasi seperti Zinzou dan Xianjing.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan WNI yang dievakuasi adalah WNI dalam kondisi sehat. Dia mengatakan penjemputan ini akan dilakukan sesuai dengan protokoler kesehatan. 

Setelah WNI tiba dari Hubei, mereka tetap harus menjalani protokol kesehatan di Indonesia.

Evakuasi WNI ini merupakan instruksi dari Presiden Joko Widodo. WNI dipulangkan pemerintah untuk menghindari terjangkit wabah virus corona. Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan situasi darurat global terkait mewabahnya virus corona. Sebelumnya sejumlah negara juga sudah melakukan evakuasi warganya seperti Jepang dan Malaysia. (okz/hud)


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »