Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Gubernur Khofifah, Ayu Ting Ting, dan Via Vallen Ajak Berjemur di Pagi Hari

Tuesday, March 31, 2020 | 15:00 WIB Last Updated 2020-03-31T08:01:28Z


SURABAYA (DutaJatim.com) - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyarankan agar warga sering berjemur di bawah terik matahari. Hal itu agar warga mendapat asupan vitamin D untuk kekebalan tubuh yang berguna bagi upaya meningkatkan kesehatan tubuh sekaligus menangkal virus Corona.

"Butuh asupan vitamin D ? Ayo berjemur. Gak usah lama2 dan sampai gosong, cukup 15 - 20 menit setiap hari sambil olahraga tipis2. Krn dgn berjemur maka daya tahan tubuh akan meningkat, sehingga tidak mudah terserang virus corona (COVID-19). Selain berjemur, jangan lupa bahagia," kata Gubernur Khofifah Indar Parawansa dalam akun media sosialnya seperti dilihat Selasa 31 Maret 2020 siang.



Menambah asupan vitamin D memang salah satu cara mencegah penyebaran virus Corona Covid-19. Cara-cara tersebut bisa dilakukan di saat masa physical distancing atau jaga jarak seperti sekarang ini. Manfaat berjemur di pagi hari agar tubuh memperoleh asupan vitamin D yang cukup dari paparan sinar UV.

Aktivitas berjemur yang dipraktikkan dengan cara yang tepat justru dapat membuat tubuh mendapatkan vitamin D, terutama di tengah pandemi virus Corona seperti saat ini. Tubuh membutuhkan vitamin D untuk pertumbuhan tulang dan pencegahan penyakit, seperti Covid-19 yang disebabkan oleh virus Corona.

Vitamin D bahkan dikatakan dapat mencegah penyakit kanker dan penurunan kognitif pada orang tua. Lantas, bagaimana waktu yang tepat untuk berjemur sinar matahari guna mencegah penyebaran virus Corona Covid-19?

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Pharmacology & Pharmacotherapeutics pada 2012 menyebutkan, setengah populasi manusia di dunia masih kekurangan vitamin D.

Tengah hari, mulai dari jam 10.00 hingga jam 11.00 siang dikatakan merupakan waktu terbaik untuk berjemur. Jika kamu rutin berjemur di waktu yang tepat ini, tubuh akan mendapatkan asupan vitamin D dalam jumlah yang cukup.

Rentang waktunya pun hanya antara 10 sampai 15 menit saja untuk mencegah kerusakan atau kulit terbakar akibat paparan sinar matahari berlebih.


Berjemur jadi aktivitas yang digemari banyak orang saat pandemi corona COVID-19. Sejumlah pesohor di Tanah Air membagikan potret saat sedang berjemur di tengah terik matahari, seperti Ayun Ting Ting dan Via Vallen.


Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Ayu Tingting (@ayutingting92) pada






"Buat temen temen yg mau IMMUNE BOOSTER GRATIS!!kalian bisa berjemur setiap hari, jam 10 pagi selama 15 menit aja," kata Via Vallen melalui akun Instagram pribadinya, seperti dilihat Selasa 31 Maret 2020.

Via menulis, semakin banyak kulit yang terpapar sinar matahari, hasilnya semakin bagus. Berjemur di bawah sinar matahari, lanjut Via, pada jam 10 akan membawa ultraviolet B bekerja sama dengan kolesterol yang ada di bawah permukaan kulit kita untuk membentuk vitamin D3.

"Vitamin D ini adalah sumber kekebalan tubuh manusia yang bisa mencegah kanker dan mencegah penyakit auto imun," jelas penyanyi ini.

Kalau kekebalan tubuh meningkat, maka virus tidak akan mudah masuk ke tubuh kita. "Ayooo ajak semua orang tersayang kalian buat berjemur setiap hari, jam 10 pagii. Cuma 15 menit cukup, banyak manfaatnya dan ga bikin gosong ♥️," sambung Via Vallen.








Sebuah kiriman dibagikan oleh Via Vallen (@viavallen) pada
Tips saat berjemur di bawah paparan sinar matahari, kamu bisa melindungi kulit Anda dari efek buruk terik sinar matahari dengan penggunaan produk pelindung sinar matahari. Salah satunya dengan menggunakan produk lotion yang mengandung sun protection factor /SPF. Dengan begitu, kamu bisa melindungi kulit kamu dan mencegah tubuh kamu dari virus Corona Covid-19. (nas/l6)










No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update