Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Menkes Inggris Hingga Tom Hanks Blak-Blakan Mengaku Kena Corona

Thursday, March 12, 2020 | 11:23 WIB Last Updated 2020-03-12T04:23:34Z


SURABAYA (DutaJatim.com) - Tidak perlu panik. Tapi tetap waspada. Jaga kesehatan. Pola hidup bersih. Dan sehat. Virus Corona membuat kita ingat semua itu. 

Betapa tidak, serangan wabah virus Corona tidak pandang bulu. Mulai dari rakyat biasa hingga petinggi negara yang mendapatkan pengamanan sangat ketat dan berlapis, ternyata juga kena sengatannya. Menteri Kesehatan Inggris kena, Presiden Portugal dikarantina. Semoga saja Presiden Jokowi yang aktivitasnya sangat padat dan bertemu dengan banyak kalangan itu, selalu dalam lindungan Allah SWT. Amiin.



Kabar paling anyar, aktor Piala Oscar, Tom Hanks, menjadi selebritas Hollywood pertama yang mengaku blak-blakan telah terjangkit virus Corona. Dia mengumumkan kondisi kesehatannya itu setelah melakukan tes virus COVID-19 bersama sang istri. Dan hasilnya, kedua pesohor itu positif.

Pengumuman mengejutkan tersebut diungkapkan Hanks lewat Instagram pribadinya seperti dilihat, Kamis (12/3/2020). "Halo kawan-kawan. Rita dan saya sedang berada di Australia. Kami merasa sedikit lelah, seperti pilek, dan merasakan nyeri di beberapa bagian tubuh. Rita mengalami kedinginan yang datang dan pergi. Demam ringan juga. Sesuai dengan aturan yang semestinya seperti yang diperlukan dunia saat ini, kami melakukan tes coronavirus, dan ternyata positif."

"Jadi sekarang, apa yang harus dilakukan selanjutnya? Petugas Medis memiliki protokol yang harus diikuti. Kami akan diuji sekaligus diamati, dan diisolasi sesuai dengan aturan keamanan kesehatan publik. Tentunya hal ini tidak dalam proses yang singkat, bukan?  Kami akan terus mengabarkan kondisi kami kepada kalian semua. Jaga diri kalian!"

Tom Hanks dan sang istri, Rita Wilson, ternyata tertular virus tersebut. Rita menemani Hanks yang tengah berada di Australia. Sang aktor tengah menjalani proses syuting untuk film terbarunya di negeri kanguru.

Kita memuji Tom Hank yang tidak menutup-nutupi kasus Corona yang dia alami. Dalam postingannya, dia juga mengimbau banyak orang untuk waspada. Menutupi kasus corona bisa jadi bencana. Menutupi kasus corona biasanya hanya karena menganggap sebagai aib, padahal tidaklah demikian. 
Kena Corona virus memang terkesan jelek, sebab identik dengan gaya hidup yang buruk. Virus corona sendiri muncul dari lokasi yang kumuh. Sebuah pasar hewan di Kota Wuhan, China. 

Tapi saat mewabah seperti sekarang, tidak seharusnya kasus ini ditutupi sebab antar pasien yang positif Corona bisa berjejaring dengan orang lain mengingat di antara mereka ada komunikasi yang bisa jadi intens sehingga membuka peluang untuk penularan. Selain itu, tidak perlu pula merasa tersiggung bila ada orang, misalnya, tidak mau bersentuhan, bersalaman, dan sejenisnya, mengingat ini butuh mitigasi bencana Corona. 

"Kami akan terus memberikan update soal ini. Jaga kesehatan kalian," kata  Tom Hanks.

Bintang film "Cast Away" ini awalnya merasakan gejala seperti kelelahan, pilek, dan pegal-pegal. Dia akhirnya menjalani tes virus Corona dan dinyatakan positif. Tom Hanks sendiri akhirnya diisolasi, hidup seperti tokoh yang diperankannya dalam film Cast Away.

Organisasi kesehatan dunia WHO sendiri telah resmi menyatakan virus corona COVID-19 sebagai pandemi. Dalam dua pekan terakhir, terjadi peningkatan jumlah kasus di luar China hingga 13 kali lipat dengan jumlah negara terdampak yang meningkat drastis.

Bukan hanya Tom Hanks dan Rita, Menteri Kesehatan dan Anggota Parlemen Konservatif Inggris, Nadine Dorries, juga blak-blakan mengatakan dia telah didiagnosis positif terkena virus corona (COVID-19).  Dorries adalah anggota parlemen pertama Inggris yang dites positif corona. Seperti dikutip BBC, Dorries mengatakan dia telah mengambil semua tindakan pencegahan yang disarankan setelah mengetahui dirinya terinfeksi dan melakukan isolasi sendiri di rumah.

Kasus ini menambah daftar terinfeksi corona di Inggris. Data Johns Hopkins CSSE menunjukkan per Rabu pagi (11/3/2020), jumlah orang terinfeksi corona di Inggris mencapai 382 dan 6 orang meninggal dunia. (det/wis)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update