Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Merapi Erupsi Lagi, Warga Magelang Alami Hujan Abu

Friday, March 27, 2020 | 13:51 WIB Last Updated 2020-03-27T06:51:19Z


MAGELANG (DutaJatim.com) -  Warga di wilayah Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, mengalami hujan abu setelah terjadi erupsi Gunung Merapi di wilayah perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat 27 Maret 2020. Ini kegelisahan warga yang kesekian kalinya sebab Gunung Merapi berkali-kali mengalami letusan.


Petugas Pengamatan Gunung Merapi Pos Babadan, Yulianto, saat dihubungi di Magelang, Jumat 27 Maret 2020 menjelaskan erupsi Gunung Merapi terjadi pukul 10.56 WIB dengan ketinggian kolom sekitar 5.000 meter di atas puncak gunung. Dia menambahkan Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga cokelat dengan intensitas tebal condong ke arah barat daya. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 75 mm dan durasi sekitar 7 menit. Kondisi itu membuat hujan abu mengguyur di wilayah yang menjadi arah semburan abu dari gunung tersebut.

Yulianto mengatakan beberapa daerah yang melaporkan telah terjadi hujan abu antara lain Mangunsuko, Banyubiru, dan Keningar. Saat ini Gunung Merapi pada tingkat aktivitas level II (waspada). Potensi ancaman bahaya saat ini berupa luncuran awan panas dari runtuhnya kubah lava dan jatuhan material vulkanik dari letusan eksplosif.


Area dalam radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi dilarang ada aktivitas manusia. Masyarakat agar mengantisipasi bahaya abu vulkanik dari kejadian awan panas maupun letusan eksplosif.

Warga Magunsuko, Kecamatan Dukun, Sutar, membenarkan memang sempat terjadi hujan abu yang setelah terjadi erupsi. Dia mengatakan meski demikian hujan abu tidak membuat warga panik dan tetap beraktivitas seperti biasa. Hal ini karena warga sudah biasa pula dengan apa yang dilakukan gunung tersebut.

Kepala Desa Dukun, Kecamatan Dukun, Tanto Heryanto mengatakan, hujan abu disertai pasir terjadi di Desa Dukun sekitar pukul 11.02 WIB. 
Tanto menyebutkan hujan abu juga terjadi di Desa Sumber, Krinjing, Keningar dan Ngargomulyo. "Teman-teman di Krinjing, Sumber, Keningar dan Ngargomulyo melaporkan kalau hujan abu," katanya. (ant)


Foto: Suasana desa diselimuti abu Merapi. (Antara)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update