Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Pastikan Cash For Work Dana Desa Berjalan, Gubernur Khofifah Tinjau Realisasi Penggunaan Dana Desa Di Kabupaten Madiun

Tuesday, March 3, 2020 | 17:29 WIB Last Updated 2020-03-03T10:29:03Z

MADIUN (DutaJatim.com) - Kabupaten Madiun menjadi satu-satunya daerah di Indonesia yang berhasil mencairkan dana desa seratus persen di tahap satu di akhir bulan Januari untuk  tahun anggaran 2020. 

Bahkan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi menjadikan Kabupaten Madiun sebagai best practice atau percontohan atas smart perencanaan pembangunan desa yang sudah dilakukan. 


Untuk itu, guna mengawal pencairan dan pengelolaan dana desa di Kabupaten Madiun, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau langsung proses realisasi penggunaan dana desa di dua desa sekaligus di Kabupaten Madiun, Senin (2/3/2020). 

Desa pertama yang ditinjau yaitu Desa Sidomulyo. Desa ini mendapatkan total dana desa senilai Rp 754 juta. Di pencairan tahap pertama, pembangunan fisik dilakukan  untuk membangun kios desa dengan total anggaran Rp 272 juta melalui sistem padat karya tunai atau cash for work.

Pembangunan dilakukan dengan pembongkaran kios lama dan pengerjaan kios baru dan melibatkan sebanyak 90 tenaga kerja yang berasal dari masyarakat desa.

"Dari total anggaran dana desa Jawa Timur senilai Rp 7,654 trlliun, di tahap satu sudah cair sekitar Rp 3 trlliun, kita ingin memastikan bahwa penggunaannya tahap  pertama adalah  untuk padat karya tunai atau cash for work," kata Khofifah. 





Pasalnya dengan cash for work, maka penghasilan masyarakat di pedesaan akan meningkat. Dengan begitu adanya dana desa ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi desa. 

Tak hanya di Desa Sidomulyo, penggunaan dana desa untuk cash for work juga dilakukan di Desa Pule. Desa kedua yang ditinjau oleh Khofifah ini juga mengerahkan masyarakatnya untuk mengerjakan proyek infrastruktur desanya. Tepatnya untuk pengerjaan perluasan area wisata kampung ceria Taman Pule. 

Total ada sebanyak 99 tenaga kerja yang berasal dari masyarakat sekitar yang dipekerjakan untuk mengurug atau meratakan tanah di kawasan wisata desa tersebut. 

"Ketika saya mendengar bahwa kabupaten Madiun satu-satunya di Indonesia yang sudah bisa menyelesaikan proses pencairan dana desa tahap satu seratus persen,  saya segera meminta bupati untuk menjelaskan rahasianya dan dishare saat rakor yang juga dihadiri oleh Menteri Desa PDTT," kata Khofifah. 

Sebab apa yang dilakukan Kabupaten Madiun ini sejalan dengan arahan yang sering ditekankan oleh Presiden RI Joko Widodo. Yaitu agar setiap daerah melakukan percepatan pencairan dana desanya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi tingkat desa. 

Terlebih saat ini ada trade war dan juga merebaknya virus corona, yang tentunya berdampak pada ekonomi, perdagangan, industri dan pariwisata. Oleh sebab itu agar ekonomi di desa tidak menurun, dana desa didorong percepatan pencairannya dengan prioritas cash for work, agar daya beli masyarakat desa tak menurun.





"Harapannya ketika Kabupaten Madiun menjadi satu-satunya daerah di Indonesia yang sudah bisa mencairkan dana desanya seratus persen pada 30  Januari 2020, maka ini kemudian bisa dijadikan best practice," lanjut gubernur yang juga mantan Menteri Sosial dan Menteri Pemberdayaan Perempuan ini. 

Benar saja Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar yang menyaksikan penjelasan smart perencanaan pembangunan desa di Kabupaten Madiun merasa bahwa apa yang dilakukan Pemkab Madiun layak untuk diadopsi dan diterapkan di desa desa lain di Indonesia tanpa menghilangkan identitas Kabupaten Madiun. 

"Maka Best practice yang berhasil dilakukan Kabupaten Madiun saya rasa butuh untuk kita sampaikan ke daerah lain, serta bahwa cash for work sudah berjalan di Kabupaten Madiun," kata Khofifah. (gas)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update