-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Presiden, Menteri, Artis dan Atlet Top Tersengat Corona

Minggu, 22 Maret 2020 | 16.28 WIB Last Updated 2020-03-22T09:28:35Z

 Olga Kurylenko


JAKARTA (DutaJatim.com) - Bukan hanya artis Andrea Dian. Semua orang bisa terjangkit virus Corona atau COVID-19. Betapa tidak, warga  Indonesia terkejut saat Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi ternyata positif terinfeksi virus corona. Tapi Budi bukan satu-satunya pejabat yang tersengat Corona.

Bahkan presiden, istri perdana menteri, pejabat negara lain, artis Hollywood terkenal, pemain sepakbola dan atlet top lain juga terkena virus Corona. Dunia sedang dilanda wabah yang sangat dahsyat ini.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump sempat dikabarkan terkena Corona, tapi hingga kini dia belum memeriksakan diri, apakah dirinya terkena corona atau tidak. Gedung Putih lalu memberi pernyataan soal kabar bahwa presiden kontroversial itu telah berkontak dengan dua anggota parlemen yang pernah bersinggungan dengan pasien positif COVID-19.

"Presiden belum menerima pemeriksaan COVID-19 karena dia tak pernah melakukan kontak langsung yang lama dengan siapa pun yang terkonfirmasi COVID-19 atau memiliki gejalanya," kata Juru Bicara Gedung Putih, Stephanie Grisham, kemarin. "Presiden dalam keadaan kesehatan yang prima dan tim fisik-nya akan terus memonitor dia," katanya lagi.

Namun berbeda dengan Presiden Brasil Jair Bolsonaro. Dia  telah dinyatakan positif terinfeksi virus corona. 


 Jair Bolsonaro


Dikutip dari The Guardian, hasil tes positif datang setelah staf Bolsonaro ditemukan positif terkena virus corona usai perjalanan ke AS. Putra Bolsonaro, Eduardo Bolsonaro, anggota kongres mencuitkan bahwa ayahnya tidak menunjukkan tanda-tanda penyakit.

Yang menjadi fokus perhatian, Bolsonaro ternyata makan malam bersama Donald Trump di Mar-a-Lago pada Sabtu lalu. Video serta foto, termasuk beberapa di akun Instagram menunjukkan bahwa staf Bolsonaro dan Trump semuanya berada dalam jarak dekat. "Saya tidak khawatir," kata Trump kepada wartawan soal kabar itu.

Sebelumnya, Fabio Wajngarten, yang merupakan Direktur Komunikasi untuk Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, dilaporkan positif virus corona setelah menjalani uji medis dan sebelumnya sempat bertemu dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, di Florida, akhir pekan lalu.

Dari kawasan Teluk, Wakil Presiden Iran, Eshaq Jahangiri, juga dilaporkan positif kena virus corona. Perwakilan pemerintah lain di Iran yang dilaporkan terjangkiti virus corona di antaranya Menteri Warisan Budaya Ali Asghar Mounesan dan Presiden Komite Olimpiade Nasional Reza Salehi Amiri. Ketiganya menyusul puluhan anggota parlemen lain dan wakil menteri kesehatan negara Teluk tersebut, yang lebih dulu terdiagnosa COVID-19.

Selanjutnya istri Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez, Begona Gomez, dinyatakan pula positif mengidap virus corona. Hal ini telah dikonfirmasi langsung oleh Pemerintah setempat. Terinfeksinya Gomez terjadi setelah negara Iberia itu masuk dalam area yang di-lockdown, dengan larangan pergerakan yang tidak penting. Padahal sejak Minggu malam, baik Gomez dan Sanches merasa baik-baik saja. Spanyol telah melarang seluruh perjalanan kecuali untuk pekerjaan, obat-obatan, dan keadaan darurat.
Warga negaranya pun dianjurkan untuk tetap tinggal di rumah dan bekerja dari rumah jika memungkinkan. Mereka juga diharuskan menyimpan persediaan bahan makanan bila diperlukan. Seluruh restoran, bar, hotel, dan gerai ritel yang tidak penting menutup operasionalnya.

Siswa di Spanyol juga telah diliburkan. Kini, virus korona di Spanyol setidaknya telah menginfeksi 6.250 orang dan merenggut 193 jiwa.

Menteri Kesehatan Inggris, Nadine Dorries, malah paling awal dikabarkan terkena corona. Hal itu setelah dia menghadiri resepsi di kediaman resmi Perdana Menteri Boris Johnson dua hari sebelum menyatakan dirinya terinfeksi.  

New York Times pertama kali melaporkan kasus Dorries. Setelah itu pejabat kesehatan Inggris bekerja cepat untuk melacak siapa saja yang berkontak dengan Dorries, termasuk konstituen dan anggota parlemen, serta rekan kerja di Departemen Kesehatan dan Sosial Inggris.

Dorries mengatakan di Twitter bahwa dia merasa "seperti sampah," tetapi berharap bahwa yang terburuk dari penyakit virus telah datang dan pergi. Laporan berita Inggris mengatakan dia adalah anggota pertama Parlemen yang dinyatakan positif. Dorries sempat berada di 10 Downing Street, kediaman PM Johnson, pada hari Minggu untuk peringatan Hari Perempuan Sedunia.

Berita infeksi Dorries memicu diskusi di Inggris tentang apakah Parlemen perlu ditangguhkan. Anggota parlemen bertemu di ruangan House of Commons yang sempit, duduk berdampingan di bangku kulit hijau dan sering berdesakan ke koridor dan area ruang berdiri, menciptakan kondisi subur untuk penyebaran penyakit ini.

4 Artis Hollywood

Bukan hanya pejabat tinggi negara, para artis top dunia juga terkena Corona. Beberapa selebritas ini memilih untuk mengisolasi diri di dalam rumah untuk mencegah penularan dari COVID-19 yang semakin meluas. Para artis yang terkena Corona itu adalah:

1. Tom Hanks

Aktor Tom Hanks beberapa waktu lalu dinyatakan positif virus Corona. Kabar tersebut pun diungkapkan langsung oleh sang aktor melalui akun Instagram pribadinya.  Dirinya pun segera melakukan perawatan dan dibantu oleh tenaga medis Australia.
Tom Hanks sendiri dinyatakan positif virus Corona saat tengah menjalani syuting film terbarunya, yaitu biopik Elvis Presley di Negeri Kanguru. Aktor 63 tahun ini juga berjanji untuk selalu memberikan kabar perkembangan terkait dengan karantina yang tengah ia lakukan.




2. Rita Wilson

Tak hanya Tom Hanks, sang istri sekaligus aktris Rita Wilson pun dinyatakan positif virus Corona. Rita Wilson juga turut menjalani proses karantina bersama sang suami, Tom Hanks, di Australia.
Selama menjalani proses karantina, pasangan selebritas ini pun mengungkapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan dukungan. Keduanya juga turut menghimbau untuk selalu waspada dan menjaga diri, tapi tetap tenang agar terhindar dari virus yang telah membuat banyak orang panik itu.

3. Olga Kurylenko

Aktris Olga Kurylenko yang dikenal luas bermain dalam film James Bond juga dinyatakan positif virus Corona. Hal ini diketahui dari unggahan foto terbaru di akun Instagram pribadinya. Aktris kelahiran Ukraina ini pun memilih untuk mengisolasi diri di dalam rumahnya setelah dinyatakan positif Corona. Ia juga mengungkapkan, bahwa sebelumnya Olga Kurylenko turut mengalami gejala awal, seperti demam dan lainnya.
Meski dinyatakan positif virus Corona, wanita kelahiran 14 November 1979 ini mengaku cukup tenang, tapi tetap menghadapinya dengan serius. Ia juga menyarankan masyarakat untuk tetap waspada dan selalu menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh.

4. Idris Elba

Aktor Idris Elba mengungkapkan dirinya positif virus Corona melalui akun Twitter pribadinya. Aktor dari Mavel Cinematic Universe (MCU) ini pun mengunggah sebuah video di akun Twitter pribadinya. Elba pun memilih untuk mengisolasi dirinya di dalam rumah selama beberapa hari ke depan demi menghindari penyebaran dari COVID-19.

Dalam video tersebut, Elba mengungkapkan jika dirinya baru mengikuti tes virus Corona karena pernah dekat dengan seseorang yang dinayatakan positif sebelumnya. Setelah mendapatkan hasil tes dan dinyatakan positif, pria 47 tahun ini pun memilih untuk menutup diri.
"Ini serius. Sekarang waktunya melakukan social distancing dan mencuci tangan. Banyak orang yang tidak mengalami gejala dan berada di luar. Padahal, mereka dengan mudah menyebarkan virus. Sekarang waktunya mengedepankan solidaritas dan memikirkan satu sama lain," ujar Idris Elba.

Dunia Olahraga 

Pengelola kompetisi domestik di beberapa negara juga memutuskan untuk menghentikan sementara liga yang bergulir. Lima liga top di Eropa, yakni Inggris, Italia, Spanyol, Jerman, dan Prancis sudah ditunda gegara Corona.

Bek Juventus, Daniele Rugani, jadi pemain Serie A pertama yang diketahui positif terkena penyakit COVID-19. Di La Liga, pemain Valencia, Ezequiel Garay, dan dua rekannya, yakni Eliaquim Mangala serta Jose Gaya juga terkonfirmasi terpapar virus Corona.

Berbagai ajang lain di luar sepak bola, seperti basket, F1, MotoGP, hingga golf juga ditunda pelaksanaannya demi menekan penyebaran virus bernama lain SARS-Cov-2 ini.  Kompetisi bola basket paling ternama, NBA, juga berhenti berputar untuk sementara. Dari perkembangan terkini, ada empat pebasket NBA yang positif terkena virus Corona.
Berikut daftar 26 atlet profesional dari beragam cabang olahraga yang telah terkonfirmasi menderita penyakit COVID-19 atau terpapar virus Corona.

SEPAKBOLA 

-Timo Hubers (Hannover)

-James Horn (Hannover)

-Daniele Rugani (Juventus)

-Manolo Gabbiadini (Sampdoria)

-Callum Hudson-Odoi (Chelsea)

-Omar Colley (Sampdoria)

-Albin Ekdal (Sampdoria)

-Antonino La Gumina (Sampdoria)

-Morten Thorsby (Sampdoria)

-Fabio DePaoli (Sampdoria)

-Bartosz Bereszynski (Sampdoria)

-German Pezzella (Fiorentina)

-Patrick Cutrone (Fiorentina)

-Dusan Vlahovic (Fiorentina)

-Ezequiel Garay (Valencia)

-Eliaquim Mangala (Valencia)

-Jose Gaya (Valencia)

-Jonathas de Jesus (Elche)

-Mikel Arteta (pelatih Arsenal)


BASKET 

- Rudy Gobert (Utah Jazz)

-Donovan Mitchell (Utah Jazz)

-Trey Thompkins (Real Madrid)

-Christian Wood (Detroit Pistons)

BALAP SEPEDA

Fernando Gaviria (UAE Team Emirates)

Dmitry Strakhov (Gazprom-Rusvelo)

Maximiliano Richeze (UAE Team Emirates)

(l6/wis) 

×
Berita Terbaru Update