Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Pulang dari Turki dan Azerbaijan Walikota Bogor Positif Corona

Friday, March 20, 2020 | 10:06 WIB Last Updated 2020-03-20T03:06:44Z


BOGOR (DutaJatim.com) - Bepergian ke luar negeri sangat berbahaya di tengah wabah Corona. Salah satunya bisa dilihat dari Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto. Pria ini  dinyatakan positif Corona pada Jumat, 20 Maret 2020 hari ini. Hal itu setelah pada Kamis sore, 19 Maret 2020, Walikota Bogor Bima Arya menerima hasil tes Covid-19 yang dilakukan dua hari sebelumnya.


"Hasil tes tersebut menunjukkan bahwa Walikota Bogor dinyatakan positif corona," kata Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, dr. Sri Nowo Retno, MARS kepada wartawan, Jumat dini hari tadi.

Retno menjelaskan, walau mengalami gejala ringan, Walikota mempercayakan sepenuhnya penanganan masa isolasi di RSUD Kota Bogor, selama 14 hari ke depan. Berbagai protokol yang berlaku sudah dijalankan sejak kunjungan ke luar negeri dan menjalankan tugas.

"Lima pejabat yang menjadi bagian dari rombongan kunjungan kerja telah dites, yang dinyatakan positif dua orang, salah satunya Walikota Bogor," katanya.

Retno mengatakan, atas kabar ini Bima mengimbau kepada seluruh warga Bogor dan publik secara luas untuk terus waspada, betul-betul menjaga kesehatan dan selalu berhati-hati, tawakal dan munajat kepada Yang Maha Kuasa.

Pelaksanaan pemerintahan kota akan berjalan seperti biasanya, di bawah koordinasi Wakil Walikota, untuk menjalankan tugas-tugas pemerintahan, dengan tetap fokus pada penanganan dan pencegahan Pandemi Covid-19 lebih luas.

Saat ini warga Kota Bogor dapat memperoleh informasi terkini tentang Covid-19 yang diakses di:www.covid19.kotabogor.go.id. "Kami mohon doa bagi kesembuhan Wali Kota dan seluruh pasien yang sedang dirawat, agar dapat segera pulih dan beraktivitas kembali. Demikian pula Wali Kota juga selalu mendoakan keselamatan dan kesehatan bagi seluruh warga Kota Bogor," katanya.

Bima Arya sendiri angkat bicara mengenai kondisinya. Dalam akun instagram pribadinya @bimaaryasugiarto , ia membenarkan telah dinyatakan positif mengidap virus Corona. Selain itu, ia menyebut tidak mengalami gejala-gejala COVID-19 yang signifikan. Ia menyampaikan informasi tersebut dalam unggahan sebuah video.

"Melalui sambungan telepon Bapak Gubernur Jawa Barat menghubungi saya untuk menyampaikan hasil tes COVID-19 yang saya jalani dua hari yang lalu dan saya dinyatakan positif," ujar Bima Arya dalam akun instagram pribadinya, Jumat (20/3/2020).

"Tidak ada gejala-gejala yang signifikan hanya batuk-batuk kecil tetapi saya memutuskan untuk mengikuti protokol dan prosedur menjalani isolasi diri dan percaya sepenuhnya RSUD Kota Bogor untuk menangani ini," katanya.

Ia juga mengimbau kepada warga Bogor untuk menjaga kesehatan. Ia turut meminta agar masyarakat tidak usah berpergian ke luar rumah bila tak mendesak.

"Warga Bogor, COVID-19 ini bisa mengenai siapa saja tetapi juga sudah banyak juga yang sembuh dari virus ini jadi Tetap optimis, selalu juga berhati-hati, jaga jarak, saya Minta doanya kepada semuanya ini cobaan bagi saya dan keluarga insya Allah kita dikuatkan dan saya juga mendoakan kepada seluruh warga Bogor untuk diberikan kesehatan oleh Allah SWT," ucap Bima.

Bima mengatakan, jalannya pemerintahan untuk sementara akan diambil alih oleh Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim. "Saya juga mempercayakan penanganan dari covid 19 di Kota Bogor ini wakil walikota Kang Dedi beserta seluruh jajaran Pemkot yang insya Allah terus akan bekerja keras secara maksimal," tuturnya.

Diketahui, Bima Arya bersama 4 jajarannya, termasuk istri Bima Arya, Yane Ardian baru saja melakukan kunjungan dinas ke Turki dan Azerbaijan selama 8 hari dimulai sejak 8-15 Maret 2020.

Selama di Turki dan Azerbaijan, Bima dan rombongan mengunjungi Mall Pelayanan Publik terbaik di dunia yang menjadi rujukan Indonesia. Bima juga melakukan kerjasama di bidang wisata dan pertanian.

Setelah pulang ke Indonesia, Bima Arya berstatus sebagai orang dalam pemantauan (ODP). Usai melalui rangkaian pemeriksaan medis di Rumah Sakit Bogor Senior, Bima Arya dan seorang pejabat Pemkot Bogor dinyatakan positif terinfeksi virus Corona. (vvn/det)




No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update