-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Salam Anti-Corona dari India

Wednesday, March 25, 2020 | 11:19 PM WIB Last Updated 2020-03-25T16:19:25Z



PARA artis ikut mengkampanyekan pencegahan penyebaran virus corona COVID-19. Salah satu cara penyebaran virus ini melalui berjabat tangan. Karena itu, muncul imbauan alternatif berjabat tangan tanpa kontak fisik, antara lain seperti dilakukan artis Cinta Laura.

Cinta Laura mengunggah potret dirinya sedang berpose dengan salam Namaste di akun Instagram pribadinya, @claurakiehl. Cinta tampil cantik memperagakan pose salam Namaste sambil tersenyum.

"Namaste: The beautiful, respectful and germ free handshake. A greeting style that has been handed over to us by our ancestors long before the common handshake !"

"Be proud of our culture. Ayo #bersamalawancorona! #kiehlers #cintalaurakiehl," tulis Cinta Laura seperti dilihat Rabu 25 Maret 2020.


Sebelumnya pada awal Maret, Raline Shah juga memberikan dukungan terhadap kampanye Namaste Over Handshake. Gerakan ini juga disebut sebagai salah satu langkah pencegahan penularan virus corona COVID-19.

Untuk itu Raline Shah sempat mengunggah postingan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Nadiem Makarim, yang menjelaskan gerakan Namaste Over Handshake bisa mencegah penyebaran bakteri lewat tangan lantaran tradisi berjabat tangan.

Menurut data yang diperlihatkan oleh Menteri Nadiem Makarim di akun itu, melalui jabat tangan, setidaknya ada 124 juta koloni bakteri yang bisa berpindah. Ada pula high five (tos) yang memungkinkan berpindahnya 55 juta bakteri dan gerakan first bump (tos sambil mengepalkan tangan) yang bisa mentransfer 7 juta koloni bakteri.

“Namaste Over Handshake untuk menjaga kesehatan sekaligus kembali ke budaya luhur bangsa Indonesia. Mari hidup sehat,” tulis Nadiem Makarim kala itu. Namun kemudian diketahui itu hoax, sebab akunnya palsu. Nadiem sendiri tidak memiliki akun media sosial. Hal itu sesuai hasil penelusuran ke situs resmi Kemendikbud kemdikbud.go.id dengan judul artikel "Mendikbud Nadiem Makarim Tidak Memiliki Akun Media Sosial Pribadi" yang dimuat pada 28 Oktober 2019.

Lebih dari itu, salam ini sudah biasa dilakukan di India. Artis India, Priyanka Chopra, misalnya, sudah lama menyarankan agar semua orang melakukan salam namaste. Istri Nick Jonas ini mengikuti kebiasaan Salman Khan untuk mencegah dirinya tertular virus corona.

Priyanka mengatakan bahwa dia telah lama menggunakan salam namaste, jauh sebelum penyebaran virus corona. Sebagai ajakan dan imbauan Priyanka Chopra mengunggah gaya salam namaste dalam foto bergerak. Dalam unggahannya, ia menyusun foto-foto sambutan dengan cara tradisional India

“Ini semua tentang Namaste. Cara lama tetapi juga baru untuk menyapa orang di masa perubahan di seluruh dunia. Harap tetap aman semuanya,” tulis perempuan kelahiran 1982 ini.

Untuk diketahui, namaste berasal dari bahasa Sanskrit India yang berarti membungkuk padamu. Merupakan simbol pernyataan penghormatan kepada orang lain. Secara sederhana bisa diartikan “halo” yang biasa digunakan sehari-hari. Gestur namaste dengan menyatukan kedua telapak tangan dan mengarahkannya ke dada. (wis)

×
Berita Terbaru Update