-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

TNI Kirim Hercules ke China untuk Ambil Alkes Corona

Sabtu, 21 Maret 2020 | 22.23 WIB Last Updated 2020-03-21T15:23:40Z


MALANG (DutaJatim.com) - Pesawat  C130 Hercules mengemban misi terbang dari Lanud Abdul Rachman Saleh Malang  ke Shanghai, China, untuk mengangkut alat kesehatan atau alkes yang telah dibeli oleh Pemerintah RI guna menangani wabah virus Corona. Alkes itu dibeli melalui Kementerian Pertahanan RI. Selain itu juga pesawat untuk mengangkut obat Corona yang sudah dipesan RI.

"TNI AU memberangkatkan 2 pesawat utk membeli obat Corona ke negeri seberang. Mengharukan. Rakyat  disurun diam rumah oleh pemerintah sedang mereka diminta pergi jauh dari rumah utk mencari obat. Demi kebaikan, mari kompak, bersama mengikuti arahan pemerinta utk social distancing," kata Menko Polhukam Mahfud MD dalam akun twitternya Sabtu 21 Maret 2020.



Setelah mendapat permintaan dari Menhan Prabowo Subianto, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto  memerintahkan Kasau untuk memberangkatkan Hercules tersebut ke China.

Kasubdispenum Dispenau Kolonel (Sus) Muhammad Yuris dalam pernyataan resminya, Sabtu (21/3/2020), mengatakan, operasi ini sesuai surat permohonan Menhan Prabowo Subianto. 

Selanjutnya TNI AU memberangkatkan satu unit pesawat C130 Hercules dari Skadron Udara 32 Wing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Sabtu (21/3/2020).


Pesawat dengan nomor registrasi A-1333 yang dipiloti Komandan Skadron Udara 32 Letkol Pnb Suryo, lepas landas dari Lanud Abdulrachman Saleh pukul 06.55 WIB pagi. Pesawat itu akan menempuh rute penerbangan: Malang-Natuna-Hainan-Shanghai. Sebanyak 18 kru pesawat dan pendukung turut serta dalam misi ini, beserta dua pejabat dari Kemhan RI.

Hercules A-1333 melakukan dua kali transit (short stop) di Lanud Raden Sadjad Natuna dan Bandara Sanya di Hainan untuk melakukan pengisian bahan bakar (refuel) sebelum mendarat di Bandara Pudong di Shanghai. 

Sementara logistik kesehatan yang telah dibeli oleh pemerintah seberat kurang lebih 12 ton. (hud)


×
Berita Terbaru Update