Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

WNI di Ethiopia Menangis saat Nonton Bareng Melepas Rindu Indonesia

Monday, March 2, 2020 | 16:58 WIB Last Updated 2020-03-02T09:58:12Z

ADDIS ABABA (DutaJatim.com)  - Sabtu malam (29/2/2020), di dalam salah  satu gedung pabrik garment, Busana Apparel Group/Century Garment Plc, Hawassa Industrial Park, Ethiopia, berkumpul hampir 150 orang masyarakat Indonesia.


Mereka sudah lama berpisah dan tidak bertemu dengan keluarga dan sanak famili masing-masing di Indonesia. 


Di wajah mereka terlihat rasa sedih dan duka. Bahkan beberapa di antara mereka meneteskan air mata tanda kesedihan yang mendalam. Suasana ruangan yang sebelumnya riuh, tiba-tiba hening. 

Tidak ada satu pun suara terdengar. Masyarakat Indonesia itu baru saja usai menyaksikan film Indonesia berjudul “Surat dari Praha” yang sengaja ditayangkan oleh KBRI Addis Ababa. 


“Kita nonton bareng dengan masyarakat Indonesia di sini. Pertama untuk menghibur masyarakat Indonesia yang sehari-hari sangat sibuk bekerja di pabrik ini. Kedua, untuk mempererat hubungan silaturahmi. Dan ketiga untuk meningkatkan rasa cinta tanah air,” kata Ravky Permato, Pejabat Fungsi Pensosbud, KBRI Addis Ababa. 

Kota Hawassa terletak 270 km selatan Addis Ababa. Di kota ini terdapat sekitar 150 masyarakat Indonesia yang bekerja di beberapa perusahaan garmen Indonesia, yaitu Busana Apparel Group/Century Garment Plc yang dipimpin Joseph Jaya Kumar dan P.T. Sumber Bintang Rejeki/Sumbiri Intimate Apparel Plc. Yang dipimpin oleh Rodolfo Angala, serta satu perusahaan asing yang dipimpin oleh pengusaha asal Indonesia, Iksan Santoso Supadi, yaitu PT TAL. 

Nonton bareng yang baru pertama kali dilakukan itu, juga dihadiri oleh Al Busyra Basnur, Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika bersama Joseph Jaya Kumar pimpinan perusahaan Century Garment Pls. 

“Masyarakat Indonesia sangat senang menyaksikan film Indonesia ini. Mereka tidak hanya merasa terhibur, tetapi juga sebagai pelepas rindu kepada Indonesia dan sanak keluarga,” kata Joseph Jaya Kumar.  


“Pemutaran film Indonesia oleh KBRI Addis Ababa sangat menghibur dan membahagiakan kami. Kami mengharapkan agar KBRI Addis Ababa sering mengadakan acara nonton bareng seperti ini, karena juga dapat mempererat persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia di rantau Afrika yang sangat jauh ini,” kata Riko, salah seorang karyawan yang sekaligus pembawa acara pada malam itu.

Pada kesempatan itu, Duta Besar Al Busyra Basnur juga menyampaikan berbagai perkembangan terkini dan kegiatan KBRI Addis Ababa tahun 2019 dan 2020. 

“Masyarakat Indonesia di Hawassa sangat aktif membantu setiap kegiatan KBRI Addis Ababa, terutama dalam kegiatan Bazaar Indonesia yang diselenggarakan di KBRI Addis Ababa,” tambah Duta Besar Al Busyra Basnur.  (gas)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update