-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Bupati-Wabup Pamekasan Bantu Tempat Cuci Tangan di Kantor-kantor

Monday, April 20, 2020 | 7:28 PM WIB Last Updated 2020-04-20T12:28:12Z


PAMEKASAN (DutaJatim.com) - Untuk memutus rantai penyebaran virus corona, Pemkab Pamekasan memasang tempat cuci tangan beserta tandonnya di seluruh pasar tradisional dan kompleks pertokoan. Semua tempat cuci tangan beserta tandonnya sudah didistribusikan sejak Rabu (15/4/2020) lalu. 


Selain bantuan dari Pemkab Pamekasan juga ada bantuan tempat  suci tangan dan tandonnya yang berasal dari bantuan pribadi Bupati Pamekasan bersama Wabup Pamekasan. Bantuan ini diletakkan di kantor pemerintahan, misalnya di lingkungan Pemkab Pamekasan dan Gedung DPRD Pamekasan. 


“Kami juga sudah melakukan kebijakan pemantauan ketat terhadap setiap kendaraan yang hendak masuk ke Pamekasan melalui 5 pintu masuk, juga menerapkan physical distancing untuk mencegah keramaian dan berkumpulnya banyak orang, “ ujar Bupati Badrut Tamam, Senin (20/4/2020).


Dia menegaskan penyediaan tempat cuci tangan dan pembersihnya di semua pasar itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian Pemkab Pamekasan untuk menjaga dan memastikan kesehatan warga Pamekasan agar tidak ada lagi yang terpapar virus corona.  


Kepala Bidang (Kabid) Pengawasan Konsumen Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pamekasan, Imam Hidajat mengatakan Tempat cuci tangan dan tandont itu  diletakkan di semua pintu masuk pasar yang berada di seluruh wilayah Pamekasan. 
Setiap pasar mendapat jatah yang tidak sama bergantung dari luasnya pasar. Kalau pasar yang luas bisa mendapat jatah mencapai 3 unit. Sementara untuk pasar kecil hanya mendapatkan jatah satu unit yang diletakkan di tiap pintu masuk pasar tersebut.


“Misalnya pasar luar seperti Pasar Pakong yang cukup luas sekali, mendapat sebanyak 3 tempat cuci tangan beserta tandonnya.  Yang dapat satu tempat cuci tangan itu misalnya pasar kecil diantaranya  Pasar Batu Bintang dan Pasar Dhuwek Tenggi,” kata Imam. 


Semua pedagang dan orang yang akan masuk ke pasar tersebut, kata Imam, diwajibkan untuk cuci tangan terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam pasar. Begitu juga setelah belanja dan mau pulang dari pasar harus melakukan hal yang sama. 


Adapun jumlah tandon dan tempat cuci tangan yang didistribusikan total mencapai 25 unit. Rincian pendistribusiannya adalah meliputi Pasar Kolpajung mendapat 3 tempat cuci tangan, Pasar Gurem lama mendapat 1 tempat cuci tangan, Pasar Gurem baru mendapat 1 tempat cuci tangan.


Lalu Pasar 17 Agustus mendapat 2 tempat cuci tangan, Pasar Keppo mendapat 2 tempat cuci tangan, Pasar Galis mendapat 1 tempat cuci tangan, Pasa Duko timur mendapat 1 tempat cuci tangan, Pasar Blumbungan mendapat 2 tempat cuci tangan, Pasar Proppo mendapat 1 tempat cuci tangan. 
Pasar Pakong mendapat 3 tempat cuci tangan, Pasar Waru mendapat 2 tempat cuci tangan, Pasar Batumarmar mendapat 1 tempat cuci tangan dan Pasar Palengaan mendapat 2 tempat cuci tangan. Sedangkan untuk lokasi pertokoan rinciannya Pertokoan CLM dalam 1 tempat cuci tangan, Pertokoan pasar sore mendapat 1 tempat cuci tangan, Galeri Batik mendapat 1 tempat cuci tangan. (mas)
×
Berita Terbaru Update