Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Di Balik Viral Cover Lagu Aisyah Istri Rasulullah: Nissa Sabyan Kaget, Penyanyi Non-Muslim Pun Tersentuh

Thursday, April 9, 2020 | 11:38 WIB Last Updated 2020-04-09T04:38:35Z


Lagu Aisyah Istri Rasulullah sedang trending di YouTube. Lagu ini menjadi perbincangan karena beberapa orang menyukai dan tersentuh dengan liriknya. Banyak musisi Indonesia ikut menyanyikan lagu yang trending ini. Mulai dari penyanyi religi, dangdut, hingga yang non-muslim pun ikut cover lagu Aisyah. 




Mulia indah cantik berseri/
Kulit putih bersih merah di pipimu/
Dia Aisyah, putri Abu Bakar/
Istri Rasullallah


Sungguh sweet Nabi mencintamu/
Hingga Nabi minum di bekas bibirmu/
Bila Dia marah Nabi kan bermanja/
Mencubit hidungnya/

Aisyah.. romantisnya cintamu dengan Nabi/
Dengan Baginda kau pernah main lari-lari/
Selalu bersama hingga ujung nyawa/
Kau di samping Rasullallah/

Aisyah... Sungguh manis/
Oh sirah kasih cintamu/
Bukan persis novel mula benci jadi rindu/
Kau istri tercinta/ 
Ya Aisyah Ya Humairah/
Rasul sayang, kasih Rasul cintamu





SUARA merdu Nissa Sabyan itu disuka jutaan pemirsa Youtube. Nissa Sabyan merupakan penyanyi Indonesia pertama yang menyanyikan ulang lagu Aisyah Istri Rasulullah. Nissa menyanyikan lagu ini bersama grup musik religi Sabyan Gambus.

Video cover lagu Aisyah Istri Rasulullah yang dinyanyikan Nissa ini telah ditonton sebanyak 27 juta kali dengan 1 juta like. Cover lagu ini diunggah pada 28 Maret 2020.

Sang vokalis, Khoirunnisa atau lebih dikenal dengan sebutan Nissa Sabyan, mengaku kaget dengan viralnya video lagu ini. Dia tidak menyangka lagu ini bisa menjadi fenomena. 

“Tidak menyangka akan seheboh ini. Tapi lagunya memang keren, liriknya kuat. Makanya setiap kali orang meng-cover, viewers-nya luar biasa,” kata Nissa Sabyan kepada wartawan, kemarin.

Perempuan kelahiran Lumajang, Jawa Timur, 23 Mei 1999 itu mengaku proses pembuatan lagu video cover ‘Aisyah Istri Rasulullah’ sangat singkat. Mulai dari awal recording hingga diposting di YouTube hanya membutuhkan waktu selama 2,5 hari.

“Singkat sekali. Rekaman satu hari, video klip satu hari, besoknya langsung tayang,” ucap Nissa Sabyan.

Nissa pun tidak merasa terlalu kesulitan untuk menyanyikan lagu itu. Apalagi lirik lagunya bisa dipahami dengan mudah.

Grup musik Sabyan sejatinya sudah berkali-kali membuat video cover. Grup musik ini juga dikenal publik luas di industri musik Tanah Air setelah membuat video cover untuk lagu-lagu berbahasan Arab. Menariknya, video cover Sabyan sukses ditonton hingga puluhan bahkan ratusan juta kali di YouTube.

Selain itu, penyanyi dangdut Via Vallen juga ikut menyanyikan ulang lagu ini. Diiringi gitar, lagu ini terdengar syahdu ketika dinyanyikan Via Vallen.

Ketika menyanyikan lagu ini, Via Vallen mengenakan hijab. Video Via Vallen ini menempati peringkat 4 trending YouTube Indonesia.

Selanjutnya Brisia Jodie. Meskipun Jodie tidak beragama Islam, ia ikut menyanyikan ulang lagu ini. Bagi Jodie, notasi lagunya bagus, sehingga dia pun ingin menyanyikan ulang lagu Aisyah Istri Rasulullah.  "Musik menyatukan perbedaan, aku kagum sekali dengan lirik dan notasinya. Sangat bermakna," tulis Jodie di Instagram-nya.


Anisa Rahman yang pernah tergabung dalam grup musik Sabyan Gambus juga ikut cover lagu Aisyah Istri Rasulullah. Anisa mengunggah video cover lagu ini pada 23 Maret 2020 dan telah ditonton sebanyak 24 juta kali.

Anisa menyanyikan lagu ini menggunakan nada yang berbeda dengan Nissa Sabyan. Anisa menyanyikannya dengan cengkok khas lagu religi.



Lalu Happy Asmara. Penyanyi dangdut Happy Asmara juga ikut cover lagu ini. Happy menyanyikan lagu ini dengan merdu dan penuh penghayatan. Baru dua hari diunggah, video ini sudah ditonton 814 ribu kali.

Penyanyi dan pemain sinetron  Syakir Daulay juga ikut menyanyikan lagu ini. Saat penyanyi asal Aceh ini mengunggahnya di youtube, langsung menempati posisi kedua setelah Sabyan.

Bukan Lagu Religi

Sebuah karya memiliki takdirnya sendiri. Kata-kata yang mengutip sastrawan Pramoedya Ananta Toer untuk karya sastra ini bisa dipakai untuk menggambarkan takdir dari lagu "Aisyah" yang kemudian ngetop atau viral menjadi "Aisyah Istri Rasulullah" itu.  Secara umum, lagu ini mampu mengalahkan topik soal virus Corona COVID-19 dalam mesin pencarian youtube. 

Bila membuka laman trending YouTube maka dua cover Aisyah akan muncul berurutan. Di trending teratas lagu Aisyah Istri Rasulullah yang dinyanyikan Nissa Sabyan, kemudian di peringkat kedua video Aisyah Istri Rasulullah yang dinyanyikan Syakir Daulay. Baru di bawahnya ada topik tentang Corona atau lagu serupa yang dinyanyikan penyanyi lain.

Yang menarik, sebelumnya lagu ini biasa-biasa. Apalagi saat masih asli dari negeri jiran Malaysia dan belum ada sentuhan religinya. Lagu itu diciptakan oleh band Malaysia, Projector Band. Judulnya  "Aisyah Satu Dua Tiga Cinta Kamu". Cukup terkenal. Tapi belum viral. 




Selanjutnya takdir membawa lagu ini bertemu dengan penyanyi Malaysia yang lain  bernama Mr Bie. Dia yang juga seorang YouTuber asal Malaysia bernama asli Vitaminbie sering menggubah lagu di antaranya pernah menggubah lagu milik Siti Nurhaliza menjadi lagu edukasi tentang Corona.  Lagu "Aisyah" pun diubahnya menjadi lirik yang menunjukkan kasih sayangnya kepada sang istri. Yang juga bernama Aisyah.

Masih belum viral lagu ini. Selanjutnya lagu ini banyak dicover orang lain. Salah satunya penyanyi bernama Muallimah dan diupload di Youtube sejak Juli 2019 lalu.  


Dari Muallimah-lah kemudian lagu ini dipopulerkan beragam YouTuber untuk dinyanyikan versi mereka masing-masing. Salah satunya Nissa Sabyan yang membuat lagu itu semakin meroket. Nissa Sabyan menyanyikan dan mempostingnya di YouTube pada Sabtu, 28 Maret 2020. Hasilnya, kini lagu ini bertengger di puncak trending YouTube.

Di akun Instagramnya, Mr Bie kaget karena lagu gubahannya ini viral di Indonesia. Padahal lagu ini telah dia ubah sejak dua tahun lalu sebagai bentuk rasa cinta kepada istrinya yang juga bernama Aisyah. Sejak dua tahun lalu pula Mr Bie telah mengunggah lagunya ini di YouTube, namun tak sampai viral. (nas)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update