Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Duta Besar RI di Addis Ababa Berbagi Info COVID 19 dengan Pemuda Indonesia

Tuesday, April 28, 2020 | 05:10 WIB Last Updated 2020-04-28T00:58:45Z

ADDIS ABABA (DutaJatim.com) - Warga Indonesia di Ethiopia dan Djibouti yang berjumlah sekitar 150 orang berada dalam keadaan sehat dan aman. Syukur, sampai saat ini warga negara Indonesia terhindar dari wabah COVID-19. 

"Kita terus berdoa, masyarakat Indonesia di Ethiopia, di Indonesia dan di manapun berada senantiasa dalam keadaan sehat dan aman, terhindar dari COVID-19." 


Hal itu dikatakan Al Busyra Basnur, Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika, dalam acara Webinar dengan London School of Public Relation, Youth Diplomacy Community (LSPR YDC) kemarin, Senin (27/4/2020). Webinar dengan tema Countries Response Analysis Toward COVID-19 itu, tidak hanya diikuti oleh mahasiswa LSPR YDC, tapi  juga mahasiswa dari sekitar sepuluh perguruan tinggi di Indonesia dan mahasiswa Indonesia di Universitas Al Azhar, Cairo. 

Lebih lanjut Duta Besar Al Busyra Basnur menyampaikan bahwa masyarakat Indonesia di Ethiopia berbeda dengan di beberapa negara lain. Di Ethiopia tidak terdapat asisten rumah tangga dan mahasiswa Indonesia. Semua bekerja di beberapa perusahaan Indonesia dan asing. Hanya beberapa pelajar Indonesia yang belajar di Ethiopia karena mengikuti orang tua bertugas. 


Untuk memastikan kondisi masyarakat Indonesia berada dalam keadaan baik dan aman, KBRI Addis Ababa menyebarkan beberapa kali pengumuman penting melalui media sosial agar meningkatkan kewaspadaan. Disamping itu hampir setiap hari KBRI berkomunikasi dengan masyarakat Indonesia melalui telepon dan media sosial. 


“Bahkan kami mengadakan virtual teleconference dengan pimpinan perusahaan tempat masyarakat Indonesia bekerja untuk memastikan warga Indonesia sehat dan aman,” kata Duta Besar Al Busyra Basnur. 

Menjawab pertanyaan peserta pada Webinar tersebut Duta Besar Al Busyra menyampaikan perkembangan terkini COVID-19 di Ethiopia dan Djibouti serta  langkah-langkah yang diambil oleh Uni Afrika untuk mengatasi COVID-19.


 “Sejak 10 April 2020, Ethiopia memberlakukan status State of Emergency. Sementara tanggal 23 Maret 2020, Djibouti mengumumkan lockdown,” kata Duta Besar Al Busyra.

Uni Afrika yang bermarkas di Addis Ababa dan mewakili aspirasi 55 negara Afrika antara lain telah mengeluarkan kebijakan “Africa Joint Continental Strategy for COVID-19 Outbreak”. Strategi ini untuk menghindari penyebaran dan kematian serta mengurangi dampak social ekonomi COVID-19 terhadap penduduk Afrika. 

Sebelumnya, tanggal 20 April 2020, Duta Besar Al Busyra Basnur juga mengadakan Webinar dengan organisasi pemuda Indonesian Youth Education & Social (I-YES) dengan thema “A Night with Ambassador”. Pada Webinar itu, Duta Besar Al Busyra menyampaikan berbagai hal menyangkut peran pemuda dalam diplomasi dan pembangunan nasional. (Gatot Susanto)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update