-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Masih Lockdown, WNI di Philadelphia Ini Manfaatkan Sayur Tanaman Sendiri

Saturday, April 18, 2020 | 5:09 PM WIB Last Updated 2020-04-18T10:09:28Z



PHILADELPHIA (DutaJatim.com) - Kota  Philadelphia sampai saat ini masih di-lockdown. Warga kota yang pernah menjadi syuting film "Kabhi Alvida Naa Kehna" yang dibintangi beberapa aktor/aktris yaitu Shahrukh Khan, Rani Mukherji, Preity Zinta, Abhishek Bachchan, dan Ahsaas Channa itu  hanya keluar rumah jika memang membutuhkan keperluan yang mendesak untuk kebutuhan hidup sehari-hari.



Suasana kota yang berada di Pensylvania Amerika Serikat itu sepi.

Namun suasana agak ramai terlihat di toko yang menjual kebutuhan sehari-hari. 



"Saya beli beberapa kebutuhan sehari-hari karena sudah mulai habis persediaannya. Maka kemarin saya mau belanja. Pas sampai di lokasi terlihat antrean untuk masuk ke Asean Store cukup panjang. Dan karena sistem keluar berapa orang lalu masuknya juga sama. Antre dengan tertib. Karena udara dingin, akhirnya saya batalkan untuk belanja. Saya akhirnya memetik sayuran organik di kebun sekitar rumah sisa tahun lalu berupa tanamam Parsle, Daun Bawang dan Kucai atau Chive," kata Syarif Syaifulloh, WNI yang tinggal di Kota Philadelphia,  kepada DutaJatim.com Sabtu 18 April 2020.





Hari ini Syarif kembali ke Asean Store. "Ternyata tetap antre dan saya ikut antre juga. Cukup lama menunggu harus sabar. Alhamdulillah bisa masuk dan pada saat mau bayar juga antre panjang lagi," katanya.


Antrean panjang saat masuk toko dan membayar belanjaan karena rata-rata warga  belanja dalam jumlah banyak sebab untuk persediaan waktu lama. Setelah belanja Syarif pulang melalui Pusat Kota tapi ternyata sepi sekali.  Jalan-jalan lengang karena banyak yang tutup. Padahal musim Spring lagi tiba.  Bunga-bunga Tulip sedang bermekaran indah. 


"Biasanya seperti sekarang ini suasananya sangat ramai sekali banyak orang selfie dengan Bunga Tulip. Tapi sekarang sepi. Akhirnya seluas lahan tanaman Bunga Tulip itu saya pakai selfie sendirian hehehe. Semoga wabah Covid-19 segera selesai dan normal kembali aktifitas di kota kami dan kota-kota lain di dunia. Salam semangat dan tetap Stay at Home," kata pria asal Depok Jabar yang biasa disapa  Pak Tani Amerika ini.

Dalam akun facebooknya, sejumlah temannya bertanya soal lockdown. 

Astri Ratbhiyabti misalnya menanyakan: 
"Pak Syarif Tambakyoso, maaf pak mau tanya kalo di-lockdown gitu apakah dapat jatah makanan dari pemerintah area sana? Btw Semua pada nurut yaa pak, patuh pada di rumah semua yaa warganya di sana?"

Menjawab Astri Ratbiyanti,  Syarif mengatakan alhamdulillah tingkat kesadaran dan disiplin warga Philadelphia cukup tinggi. "Dan juga nurut pemberitahuan Pemda. Untuk makanan itu tidak ada tapi pemerintah sangat take care. Seperti yang tidak ada kerjaan karena dampak Covid-19 bisa mengajukan Unemployment dan juga di berikan dana stimulus setiap keluarga yang masuk langsung ke rekening. Jadi langsung federal. Untuk makanan dan sembako saat ini sudah banyak diberikan oleh pemerintah dan juga organisasi-organisasi.  Cukup mematuhi dengan antrian panjang bisa 3 km karena ada jarak atau  tidak boleh berdekatan," katanya.


Untuk mendapatkan sembako tidak hanya di satu titik saja tapi bisa dalam sehari ada di berbagai titik. "Dan kita bisa mendapatkan sejauh informasi yang kita dapat soal itu. Nanti saya share kegiatan yang lainnya," katanya.


Namun Fanny Yuliana menambahkan bahwa warga Philadelphia ada juga yang suka ngeyel. Sama dengan warga di Indonesia yang masih saja suka keluar rumah.


"Maaf ikut komen mbak😁 gak jg mbak dsini yg ngeyel jg banyak, sama kayak d indo cuman mungkin persentase nya beda tp tetep ada yg ga manut," katanya. (gatot susanto)





×
Berita Terbaru Update