-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Wabup Pamekasan Raja’e Serahkan Bantuan Seniman dan Warga Terdampak Covid-19

Thursday, April 30, 2020 | 2:23 PM WIB Last Updated 2020-04-30T07:23:00Z


PAMEKASAN (DutaJatim.com) - Wakil Bupati Pamekasan Raja’e Kamis (30/4/2020) hari ini menyerahkan bantuan tunai dan sembako kepada para pelaku seni dan masyarakat terdampak Covid 19 serta keluarga yang mata pencahariannya rentan miskin. 



Penyerahan dilakukan di dua tempat yakni di Kantor Dinas Kebudayaan dan Parawisata dan kantor Dinas Sosial.  


Penyerahan yang dilakukan di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata adalah bantuan yang diberikan kepada  pelaku seni terdampak Covid 19. Jumlah penerimanya sebanyak 190 orang. 


Sedankan penyerahan bantuan untuk masyarakat yang mata pencahariannya rentan miskin sebanyak 1.292 Kepala Keluarga (KK) dan masyarakat umum terdampak Covid 19 sebanyak 158 KK dilakukan di Dinas Sosial Pamekasan.



Total bantuan yang diterima masing masing penerima bantuan senilai Rp 600 ribu. Uang tunai sebesar Rp 300 ribu dan sisanya dalam bentuk sembako. Selain sembako kepada masing masing penerima bantuan tersebut juga diberi bantuan masker masing masing dua pack dan hand sanitizer .


Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pamekasan Achmad Syaifuddin mengatakan penyerahan bantuan itu sebagai kepedulian Pemerintah Kabupaten Pamekasan pada para seniman dan pelaku seni lainnya yang terdampak penyebaran virus corona, karena mereka yang selama ini seharusnya berkarya dan tampil dalam pementasan dan sebagainya, gara gara covid-19 mereka itu tidak bisa berkarya.



“Mereka langsung lockdown dan tidak punya penghasilan sama sekali sehingga walaupun sedikit mudah mudahan dengan bantuan ini mereka bisa stay at home dan kebutuhan terpenuhi, biar penyebaran covid-19 itu bisa teratasi. Ada 190 orang  seniman dari berbagai club misalnya club tari dan karawitan dan lainnya. Bantuan ini merupakan yang petama kali dan akan direncanakan selama tiga bulan,” kata Achmad. 


Selain itu, lanjut Achmad, Pemkab Pamekasan melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata selama tiga hari dimulai dari Jumat (1/5/2020) akan menyebarkan sekitar 3 ribu masker kain melalui komunitas kacong cebbhing, Ikatan Alumni Putra Putri Batik maupun tour leader komunitas local. 

Selain itu juga akan menyerahkan bantuan tempat cuci tangan dan tandonnya dan terakhir akan lakukan penyemprotan di hotel, restoran dan café. 



Bantuan di Dinas Pariwisata ini diserahkan oleh Wabup Raja’e pada pagi hari. Lalu siang harinya  Raja’e menyerahkan bantuan sembako dan uang tunai di Dinas Sosial Pamekasan. Sebagimana di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, jumlah total bantuan nilianya Rp 600 ribu dengan rincian uang tunai Rp 300 ribu dan sembako senilai Rp 300 ribu juga.


Penyerahan bantuan untuk masyarakat yang mata pencahariannya rentan miskin sebanyak 1.292 KK dikoordinir dan hasil kerjasama dengan Forum Becak dan Ojek (Fobek) Pamekasan. Sedangkan untuk bantuan bagi warga terdampak  Covid 19 diterima langsung oleh masing masing Kepala Keluarga penerima bantuan.


Terkait dengan penyerahan bantuan ini, Wabup Raja’e  menegaskan pemerintah pasti akan hadir pada saat masyarakat membutuhkan bantuan. Termasuk saat pandemic corona saat ini. Dia berharap selain memanfaatkan bantuan dengan baik,  juga menghimbau masyarakat membantu memutus mata rantai penularan Corona dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat. (mas)

×
Berita Terbaru Update