Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mantan Panglima TNI Djoko Santoso Dimakamkan di San Diego Hills, Prabowo Memberi Hormat

Minggu, 10 Mei 2020 | 16.37 WIB Last Updated 2020-05-10T09:37:52Z


JAKARTA (DutaJatim.com) - Mantan  Panglima TNI Jenderal (Purn) Djoko Santoso meninggal dunia Minggu 10 Mei 2020 pagi tadi. Almarhum Djoko Santoso mengembuskan napas terakhir di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta setelah satu minggu menjalani perawatan karena mengalami pecah pembuluh darah di otak atau stroke.

Jenazah Djoko Santoso dimakamkan di pemakaman San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat, Minggu siang. 

Tampak Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan penghormatan terakhir dalam upacara pemakaman tersebut.

Prabowo memberikan sikap hormat di depan makan Djoko Santoso yang sudah dipenuhi bunga. Prabowo memberikan hormat selama beberapa detik.

Prabowo juga hadir di rumah duka Djoko Santoso di kawasan Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur. Prabowo tampak mengenakan kemeja putih lengan panjang dan celana berwarna cokelat.


Prabowo juga mengenakan peci dan kacamata. Dari foto terlihat Prabowo memakai masker hijau.

Usai melayat di rumah duka, Prabowo sempat memberikan keterangan kepada wartawan. Dikatakannya, Djoko Santoso adalah sosok pejuang dan prajurit yang hebat.

"Penghormatan seorang pejuang dan prajurit yang hebat," kata  Prabowo.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga menghadiri upacara pemakaman Jenderal (Purn) TNI Djoko Santoso. Dalam kesempatan itu Anies mengenang almarhum Djoko Santoso sebagai orang yang tak pernah pensiun memikirkan bangsa.


Anies, yang mengenakan baju koko berwarna biru muda dan peci hitam, mengatakan dirinya mendapatkan kabar duka tersebut Minggu pagi tadi. Dalam sepekan terakhir, Anies berkomunikasi dengan istri Djoko Santoso terkait kondisi kesehatan Djoko Santoso.


"Saya mendapatkan kabar tadi pagi kira-kira jam 07.00 WIB bahwa beliau berpulang. Saya seminggu terakhir komunikasi dengan istri almarhum menceritakan perkembangannya," ujar Anies di Pemakaman San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat, Minggu (10/5/2020).


Djoko Santoso merupakan  Panglima TNI pada masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dia menjabat Panglima TNI sejak 28 Desember 2007 hingga 28 September 2010.

Pensiun dari militer, Djoko Santoso melanjutkan karier dengan bergabung di Partai Gerindra pada 2015. Dia masuk struktur Dewan Pembina. Pada Pilpres 2019, Djoko Santoso menjadi Ketua Badan Pemenangan Nasional capres cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. (det/wis)


Foto: Prabowo di rumah duka. (sindonews.com)


×
Berita Terbaru Update