Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Siang Ini Habib Ahmad bin Zein Alkaff Dimakamkan di TPU Pegirian

Monday, May 11, 2020 | 10:28 WIB Last Updated 2020-05-11T03:28:49Z

SURABAYA (DutaJatim.com) - Salah satu tokoh Nahdlatul Ulama (NU), Habib Ahmad bin Zein Alkhaff (79), berpulang ke Rahmatullah Minggu 10 Mei 2020 sore. Menurut rencana Senin 11 Mei 2020 siang ini bakda Dhuhur jenazah almarhum akan dimakamkan di TPU Pegirian, setelah disalatkan di Masjid Ampel, Surabaya.

Sebelumnya sejumlah pejabat dan tokoh Jatim tampak melakukan takziyah di rumah duka di Jalan Petukangan 86  Kelurahan Ampel Kecamatan Semampir, Kota Surabaya. Tampak melayat di rumah duka antara lain Kapolda Jatim Irjen Pol. Dr. M. Fadil Imran, M.Si, bersama Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah. Kedua pejabat itu datang takziyah ke rumah duka Habib Ahmad Bin Zen Alkhaff tadi malam sekitar pukul 22.00 WIB.

Dalam takziyah Kapolda Jatim Fadil Imran, didampingi oleh pejabat utama Polda Jatim. Kapolda mengucapkan bela sungkawa sedalam-dalamnya atas kepergian tokoh nasional ini. "Kita berdoa semoga amalnya diterima Allah SWT, dosanya diampuni dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kesabaran," kata Kapolda Jatim.

Habib Ahmad bin Zein Alkhaff berpulang setelah dirawat di RS Al Irsyad, karena menderita diabetes. Sabtu 2 Mei 2020 Habib Ahmad Zein mengeluh sakit tangan kejang sehingga dibawa ke RS Internasional. Lalu diberi obat penenang dan diperbolehkan pulang.

Minggu 3 Mei 2020 tangan Habib Ahmad Zein masih kejang, lalu dipanggillah tukang urut hingga Beliau bisa berjalan. Senin  4 Mei 2020 pukul 23.00 WIB, Habib Ahmad Zein mengalami kejang kembali sehingga langsung dibawa ke RS Al Irsyad dan dirawat di UGD untuk dilakukan cek darah. 
Selasa 5 Mei 2020 pagi keluarga diberi hasil tes darah, bahwa gula darah Habib Zein tidak stabil tinggi (500). Selanjutnya dipindah ke ruang ICU lantai 8 RS Al Irsyad.

Minggu 10 Mei 2020 pukul 17.00 WIB, kondisi Habib Ahmad Zein Alkhaff mengalami drop. Pukul 18.00 WIB, Habib Ahmad Zein Alkhaff dinyatakan meninggal dunia oleh pihak RS Al Irsyad Surabaya.

Pukul 18.30 WIB, jenazah Habib Ahmad Zein Alkhaff dibawa ke kediaman Kecamatan Semampir Surabaya dengan menggunakan kendaraan ambulans RS Al Irsyad Surabaya. Pukul 18.45 WIB, jenazah Habib Ahmad Zein Alkhaff tiba di kediaman.

Selama masih hidup Habib Ahmad pernah menjabat Rais Syuriah PWNU Jawa Timur, penasehat MUI dan NU, Ketua Aliansi Nasion Anti Syiah, tokoh sesepuh di warga Keturunan Arab di Surabaya.

"Almarhum pernah berkhidmad di NU sebagai mustasyar," ujar Sekretaris PWNU Jatim Akhmad Muzakki Senin (11/5/2020).

Menurut Zaki yang juga guru besar Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya ini, Habib Ahmad bin Zein AlKaff merupakan sosok yang punya perhatian besar pada keumatan. "Beliau ringan tangan dan kuat dalam menjaga keislaman umat," tambah Zaki. (okz/ndc)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update