-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Alhamdulillah, Lima Orang Sekeluarga Sembuh dari Covid-19

Selasa, 09 Juni 2020 | 19.52 WIB Last Updated 2020-06-09T12:52:49Z

Ilustrasi: Petugas medis memeriksa kondisi pasien di ruang isolasi dalam Simulasi Penanganan Pasien Corona di Rumah Sakit Lavalette, Malang, Jawa Timur, Jumat 13 Maret 2020. (Antara)


MALANG (DutaJatim.com) - Alhamdulillah. Kabar gembira datang dari Kota Malang, Jawa Timur. Satu keluarga di Kota Malang dinyatakan sembuh dari Covid-19 usai menjalani uji swab kedua. 

Keluarga ini terdiri atas lima orang yang dinyatakan positif Covid-19 sebelum Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 2020.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Malang, Husnul Mu'arif, mengatakan, awal mula keluarga ini teridap Covid-19 karena tertular dari ayah atau orangtua laki-laki. Berdasarkan riwayatnya, sang ayah merupakan distributor bahan bangunan di sekitaran Malang Raya.

"Ayahnya ini distributor bangunan. Perjalanannya belum ya kalau ke Surabaya. Jadi distributor bahan bangunan yang ada di Malang Raya," kata Husnul, Selasa, 9 Juni 2020.

Husnul mengatakan hasil swab pertama dilakukan secara mandiri oleh keluarga tersebut. Setelah hasil swab keluar mereka dinyatakan positif Covid-19. Runtutanya tertular dari ayah, kemudian ibu, anak perempuan, dan menantu hingga cucu.


"Rumah seorang ayah ini ada seorang ibu dan anak perempuan. Rumahnya dikunjungi oleh menantunya dan seorang cucu. Si ayah ini yang pertama kali terkonfirmasi Covid-19. Seperti itu kontak riwayatnya," kata Husnul.

Husnul menjelaskan kunci keberhasilan keluarga ini sembuh dari Covid-19 karena melakukan isolasi mandiri di rumah secara disiplin. Mereka juga memperhatikan asupan gizi, sehingga hasil uji swab kedua pada Senin, 8 Juni 2020 kemarin mereka dinyatakan sembuh.


Namun demikian mereka masih wajib menjalani isolasi mandiri selama 7 hari ke depan.

"Kuncinya di isolasi mandiri yang dijalankan secara teratur dan disiplin. Lalu protokol kesehatanya dijalankan dengan baik. Asupan makanan dan rajin berjemur. Saat ini tetap mereka isolasi mandiri dulu antara 5 sampai 7 hari dengan menjalankan protokol kesehatan," kata Husnul. (vvn)



×
Berita Terbaru Update