-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Hari Ini Masjid-masjid di Makkah Kembali Dibuka

Minggu, 21 Juni 2020 | 01.58 WIB Last Updated 2020-06-20T18:58:55Z


MAKKAH (DutaJatim.com) - Sekitar 1.500 masjid di Kota Makkah Arab Saudi  akan dibuka kembali pada hari Minggu 21 Juni 2020 ini. Pembukaan masjid ini dilakukan setelah tiga bulan dilakukan penutupan akibat mewabahnya virus corona (covid-19).

Mengutip dari Gulfnews, Sabtu (20/6/2020), pada Minggu hari ini hampir 1.560 masjid di Makkah akan dibuka kembali untuk jamaah mulai untuk Salat Subuh hingga Salat Isya'.

Kantor Kementerian Urusan Agama Islam Kota Makkah telah menyiapkan masjid-masjid untuk pembukaan kembali rumah ibadah tersebut untuk jamaah umum. Namun demikian takmir  menerapkan protokol kesehatan pencegahan yang mencakup penggunaan sajadah pribadi dan menjaga jarak antarjamaah.

Menjelang pembukaan, Kementerian juga telah mengerahkan petugas untuk mensterilkan dan membersihkan masjid-masjid. 

Relawan pun bekerja selama beberapa hari terakhir dalam menerapkan langkah-langkah pencegahan di dalam masjid-masjid di Kota Makkah.  


Seperti dilakukan masjid-masjid di Indonesia, upaya itu termasuk menempelkan tanda-tanda di karpet yang menunjukkan jarak antarjamaah salat.

Sebelumnya pada akhir bulan lalu masjid di seluruh wilayah Arab Saudi dibuka lagi, kecuali di Kota Makkah.

Ibadah salat berjamaah kembali digelar sebagai bagian dari rencana bertahap untuk kembali ke masa normal. Pembukaan masjid ini dilakukan di tengah kabar wabah Covid-19 yang belum juga mereda di Arab Saudi. 


Karena itu pula Arab Saudi belum juga memberi kepastian soal penyelenggaraan ibadah haji 2020. Hal itu yang membuat sejumlah negara termasuk Indonesia memutuskan membatalkan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini. (hud/gn)

×
Berita Terbaru Update