Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Penyanyi Tiya Luncurkan Tembang 'Hidup Melawan Waktu', Penyemangat di Tengah Pandemi Covid-19

Tuesday, June 30, 2020 | 14:45 WIB Last Updated 2020-06-30T07:45:51Z

SURABAYA (DutaJatim.com) - Penyanyi dan penulis lagu, Tiya, meluncurkan lagu “Hidup Melawan Waktu”. Dengan lagunya itu penyanyi asal Surabaya  peraih Juara 3 ajang THE VOICE INDONESIA season 1 dan 10 besar workshop Indonesian Idol 2004 itu ingin memberi semangat kepada masyatakat yang tengah dilanda wabah Covid-19.

Single “Hidup Melawan Waktu” dirilis pada 26 Juni 2020. Musisi yang sebelumnya telah menelurkan lagu debut bertajuk “Baby You” ini menumpahkan segala keresahan, kepasrahan, serta observasinya atas segala bentuk tingkah polah manusia dalam menanggapi pandemi Corona ke dalam melodi lagu. 

“Lagu ini aku tulis ketika aku mulai merasa resah dengan keadaan Kota Surabaya yang diharuskan menjalani PSBB (pembatasan sosial berskala besar) jilid kedua. Mewabahnya penyakit COVID-19 di kota domisiliku ini cukup meresahkan karena banyak media yang menyoroti kurang disiplinnya para penduduk,” ungkap Tiya. 

Mengamati fenomena tersebut, Tiya bertanya mengapa manusia selalu berusaha melawan waktu. Bukankah lebih baik jika berhenti sejenak untuk kebaikan bersama? 

"Hidup Melawan Waktu ini aku tulis ketika aku mulai merasa resah melihat ego masing - masing manusia menghadapi pandemi ini. Ada sebagian yang sangat patuh dengan aturan dan anjuran pemerintah, di sisi lain ada yang cuek. Keadaan itu memicu banyak orang berselisih. Bersikeras dengan kebutuhan masing - masing. Lupa bahwa saat ini intinya kita semua sama - sama sedang diuji Tuhan. Padahal jika saja sabar sebentar, jangan melawan keadaan (waktu), ikuti saja ke mana waktu membawa, jangan berusaha melawan. Aku yakin semuanya akan jadi indah," kata Tiya. 

Ditulis bersama musisi Rony Wijaya, Tiya membutuhkan waktu tiga minggu saja hingga lagu ini rampung direkam dan difinalisasi dengan mixing oleh Errel Dave Mix dan mastering oleh Steve Corrao di Sage Audio, Nashville, Amerika Serikat. 

Lagu “Hidup Melawan Waktu” berisikan lirik-lirik yang positif, serta ajakan untuk berserah diri kepada Tuhan. Disesuaikan dengan pesan yang baik, Tiya pun meracik melodi-melodi yang bersemangat agar lagu “Hidup Melawan Waktu” mampu membangkitkan mood pendengarnya.

Tiya percaya bahwa musik bisa jadi medium yang tepat untuk menyampaikan segala macam perasaan. Dengan single “Hidup Melawan Waktu” dia berharap musiknya mampu menjadi pengingat bahwa pandemi ini harus ditanggapi secara serius dengan cara yang tepat, dan diiringi kesabaran serta kepala yang dingin. Ada kalanya manusia tidak harus melakukan segalanya dengan terburu-buru, khususnya melawan sesuatu yang ada di luar kuasa mereka. 

“Bagiku pandemi ini eye-opening, ini cara Tuhan mengingatkan kita semua. Ini adalah saat yang tepat untuk berusaha jadi lebih baik bagi orang di sekitar dan diri sendiri. Pandemi membuat semua orang berkaca pada dirinya sendiri. Tidak terkecuali aku,” lanjut sang musisi merefleksikan dampak pandemi bagi dirinya.

Penulis Lagu yang Produktif

Selanjutnya, Tiya juga mengungkapkan ada dukungan yang luar biasa besar muncul di komunitas musisi Surabaya. Kehilangan rezeki akibat pembatalan acara atau hilangnya panggung, justru menciptakan peluang di sisi lain, di mana para musisi bisa berjualan makanan, pakaian, kebutuhan rumah tangga dan masih banyak lagi peluang lain. Semua itu bisa dilihat di akun Instagram @tokomusisisurabaya. 

Tiya berpesan agar para penikmat musiknya di manapun mereka berada, setelah mendengar lagu “Hidup Melawan Waktu” dapat mengambil hikmah yang diberikan oleh musibah global tersebut. 

“Kenapa harus hidup melawan waktu? Ada pilihan lain kok, ikuti saja. Buat langkah kita seirama dengan waktu. Pasrahkan saja kepada Tuhan, yang maha mengetahui,” ujarnya. 



. . #HidupMelawanWaktu ini aku tulis ketika aku mulai merasa resah melihat ego masing - masing manusia menghadapi pandemi ini. ada sebagian yang sangat patuh dengan aturan dan anjuran pemerintah, di sisi lain ada yang cuek. keadaan itu memicu banyak orang berselisih. bersikeras dengan kebutuhan masing - masing. lupa bahwa saat ini intinya kita semua sama - sama sedang diuji Tuhan. padahal jika saja sabar sebentar, jangan melawan keadaan (waktu), ikuti saja kemana waktu membawa, jangan berusaha melawan. aku yakin semuanya akan jadi indah. 🖤 . . @suarasurabayamedia @suarasurabaya_muda @aslisuroboyo @ini_surabaya @ronywijaya @erreldavemix @andrewputpax @kumkumal . . #tiyamusik #tiaradegrasia #tiyabernyanyi #singlalagirl #igtvmusic #igtv #musisisurabaya #laguindonesia #upliftingsong #lyricvideo #visualizervideo #visualizer #videolirik #newsingle #newsong #lagubaru #nyanyidarirumah #berkaryadarirumah #musicfromhome #musikdarirumah #nyanyibareng #pandemic2020 #pandemicart #covid19 #coronavirus #newnormal2020
Sebuah kiriman dibagikan oleh T I Y A (@tiyamusik) pada




Lagu “Hidup Melawan Waktu” bisa didengarkan via Spotify, Apple Music, Youtube, dan aplikasi musik lain. "Kunjungi akun saya di Spotify (https://spoti.fi/31kw4Wv),  Apple Music (https://apple.co/2YxxfjN), dan Youtube (https://www.youtube.com/watch?v=-DEn4d8EMn4), atau instagram dan facebook" katanya.

Pemilik nama lengkap Tiara Degrasia ini selain sudah terkenal sebagai seorang penyanyi, juga penulis lagu yang produktif. Musisi yang berdomisili di Surabaya, Jawa Timur ini sudah akrab dengan panggung live dan telah menelurkan debut singlenya “Baby You” via Netrilis pada tahun 2019. Pengalaman itu membuat Tiya serius saat meluncurkan lagu "Hidup Melawan Waktu". Bahkan bersama Backbeat Record, dia melibatkan kru asal Amerika Serikat. (gas)
×
Berita Terbaru Update