-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Presiden: Hati-hati Penambahan Jumlah Positif Covid-19 Sudah Lampu Merah

Thursday, July 9, 2020 | 20:36 WIB Last Updated 2020-07-09T13:36:17Z


JAKARTA (DutaJatim.com) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi warning terkait penambahan jumlah kasus positif Covid-19 yang semakin melonjak. Kamis 9 Juli 2020 hari ini penambahan kasus Covid-19 bahkan tembus 2.657 orang.

Jokowi menegaskan  bahwa kondisi tersebut sebagai 'alarm' untuk semua pihak.

"Perlu saya ingatkan, saya kira ini sudah lampu merah lagi. Hari ini secara nasional kasus positif tinggi sekali. Hari ini 2.657," kata Jokowi saat memberikan arahan lewat telekonferensi di Posko COVID-19, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Kamis, 9 Juli 2020.

Dalam telekonferensi yang dihadiri sejumlah kepala daerah, Jokowi juga mengingatkan tren kenaikan di Kalimantan Tengah. Meski tergolong rendah, kenaikan 23 kasus, antisipasi dan mitigasi tetap perlu dilakukan. Dia juga meminta seluruh unsur tetap siaga.

"Tetapi kalau angka yang masih kecil ini tidak dikendalikan baik, manajemen krisis tidak dilakukan, rakyat tidak diajak untuk kerja sama-sama, hati-hati angka yang tadi saya sampaikan bisa bertambah banyak," kata Jokowi.

Juru Bicara Khusus Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, menyampaikan perkembangan kasus COVID-19 di Indonesia hingga Kamis, 9 Juli 2020.

Dari pemeriksaan spesimen, dapat diketahui sejak 8 Juli hingga 9 Juli 2020 sudah ada penambahan 2.657 orang terinfeksi COVID-19. Data keseluruhan pasien yang positif Corona di Tanah Air pada 9 Juli sebanyak 70.736 orang.

"Dari pemeriksaan spesimen ini kita mendapatkan kasus konfirmasi positif sebanyak 2.657 kasus, sehingga terkonfirmasi hingga 9 Juli 2020 ada 70.736 kasus positif," kata Yurianto.


Lumbung Pangan

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke kawasan food estate atau lumbung pangan di Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis, 9 Juli 2020. Dalam kunjungan kali ini, Presiden Jokowi turut didampingi oleh sejumlah menteri.

Salah satu menteri yang hadir adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Momen kebersamaan saat kunjungan dibagikan oleh Prabowo melalui akun Instagram pribadinya.

"Pada hari ini saya meninjau kawasan food estate bersama Presiden Republik Indonesia Jokowi di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah," tulis Prabowo, dalam keterangan di unggahan Instagram pribadinya, Kamis 9 Juli 2020.

Presiden Jokowi saat akan bertolak ke Kalteng didampingi Menhan Prabowo.
"Bersama dengan Kementerian lainnya, Kementerian Pertahanan akan terus bersinergi dalam upaya untuk mewujudkan program cadangan ketahanan pangan," tulis Prabowo.

Pada unggahannya itu, tampak Prabowo sedang duduk bersama Jokowi di sebuah kursi panjang. Keduanya tampak mematuhi Protokol Kesehatan berupa menjaga jarak dan juga memakai masker.

Tampak Prabowo juga terlihat sedang serius memperhatikan arahan-arahan yang diberikan oleh Jokowi. Namun, tak disangka, unggahan tersebut rupanya mencuri perhatian dari warganet, yang menyoroti buku catatan yang dibawa oleh Prabowo saat bertemu Jokowi

"Pak Prabowo aja bawa catatan untuk mencatat hal penting dari pak Jokowi,” tulis salah satu netizen @farida.riry. (TMP/vvn)






×
Berita Terbaru Update