Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Ibu Ethiopia Ini, 53 Kali Mengikuti Peringatan HUT RI di KBRI

Monday, August 17, 2020 | 21:49 WIB Last Updated 2020-08-17T14:51:12Z


Ibu Ashu (tengah), bersama Ibu Almaz (kanan) dan   Ibu Askale (kiri).


ADDIS ABABA (DutaJatim.com) - Upacara memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-75 di KBRI Addis Ababa berlangsung khidmat. Sejumlah warga Ethiopia mengikuti upacara bendera tersebut.

Salah satunya Ashu Dema, seorang ibu Ethiopia berusia 69 tahun.  Staf KBRI Addis Ababa ini telah mengikuti upacara dan kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI sebanyak 53 kali di Kedutaan Besar RI (KBRI) Addis Ababa, termasuk pada tahun 2020. 

“Saya mulai bekerja di sini ketika berusia 16 tahun. Saya selalu mengikuti upacara bersama staf KBRI yang lain. Saya juga membantu semua kegiatan peringatan HUT RI, terutama memasak,” kata Ashu usai upacara bendera peringatan HUT ke-75 RI pada 17 Agustus 2020, di halaman KBRI Addis Ababa Senin 17 Agustus 2020.   

Sementara itu, dua ibu Ethiopia lain yaitu Almaz Neguse dan Askale Wadarufael yang juga bekerja di KBRI Addis Ababa telah puluhan tahun pula mengikuti upacara bendera dan kegiatan peringatan HUT RI di KBRI Addis Ababa. 

Almaz telah mengikuti upacara HUT RI sebanyak 40 kali sedangkan Askale 30 kali. Ketiga ibu Ethiopia itu mengatakan senang sekali bekerja di KBRI Addis Ababa. Sayangnya, meskipun telah bekerja di KBRI lebih setengah abad, Ashu belum pernah berkunjung dan melihat Indonesia, demikian pula halnya Almaz dan Askale.  

“Kami cinta sekali dengan Indonesia, orangnya baik, sehingga kami senang bekerja di kedutaan ini,” kata mereka bertiga. 

Tahun 2019, ketiga ibu Ethiopia ini menerima piagam penghargaan dari Duta Besar RI atas dedikasi dan pengabdian mereka bekerja di KBRI Addis Ababa. Piagam tersebut diserahkan dalam acara khusus usai upacara bendera.  

“Ketiga ibu Ethiopia itu pintar berbahasa Indonesia dan mahir memasak berbagai jenis masakan Indonesia. Bahkan mereka juga mengajarkan beberapa orang Ethiopia memasak masakan Indonesia,” kata Al Busyra Basnur, Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika. 




Upacara peringatan HUT RI tahun ini di KBRI Addis Ababa hanya diikuti oleh staf KBRI dan keluarga serta beberapa pimpinan perusahaan Indonesia di Ethiopia, karena adanya protokol pandemik Covid-19. "Tidak seperti tahun lalu, kami mengundang sekitar 100 pemuda Ethiopia, pengusaha dan sahabat Indonesia lainnya di Ethiopia,” tambah Duta Besar Al Busyra Basnur. (Gatot Susanto)

No comments:

Post a Comment

×
Berita Terbaru Update